Rusia Blokir 6 Jalur Kereta Pengangkut Senjata Ukraina

Nusantaratv.com - 04 Mei 2022

Pasukan Rusia. (Net)
Pasukan Rusia. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia mengklaim menghentikan enam jalur kereta api di Ukraina yang digunakan untuk mengangkut pasokan senjata kiriman dari Barat, Rabu (4/5/2022). Kemenhan Rusia menyebut telah menonaktifkan stasiun kereta api dengan mengebom pasokan listrik menggunakan serangan udara presisi tinggi dan senjata berbasis laut.

Tapi, Kemenhan Rusia tidak menyebutkan lebih rinci senjata yang dipasok melalui lintasan kereta api tersebut.

Dalam keterangannya, Kemenhan Rusia juga mengatakan telah menargetkan 40 fasilitas dan persenjataan militer Ukraina. Di antaranya empat depot amunisi dan senjata-senjata artileri.


Mengutip Reuters, informasi ini belum bisa diverifikasi secara independen pernyataan Kemenhan Rusia. Kyiv pun disebut tidak memberikan reaksi secara langsung mengenai hal tersebut.

Ukraina masih berada dalam gempuran Rusia usai mereka melancarkan invasi pada 24 Februari lalu. Hari-hari setelah itu, ledakan dan pertempuran terus terjadi.

Belakangan, Rusia tengah mengintensifkan serangan di Timur Ukraina. Mereka bahkan disebut akan menggempur besar-besaran negara tetanggannya itu sebelum 9 Mei.

Hal ini diungkapkan sejumlah pejabat Amerika Serikat yang mengatakan kemungkinan Putin mengumumkan deklarasi itu pada 9 Mei mendatang.

Tanggal itu bertepatan dengan Hari Kemenangan Rusia yang dirayakan setiap tahun untuk memperingati keberhasilan mereka mengalahkan Jerman saat Perang Dunia II.

Semenjak awal invasi, Putin menyebut tindakan Rusia ke Ukraina sebagai 'operasi militer khusus'. Apabila Putin sudah mendeklarasikan secara resmi, maka Moskow bisa mengerahkan kekuasaan penuh sesuai undang-undang.

Di bawah UU itu, Rusia bisa saja mengerahkan pasukan cadangan dan peserta wajib militer. Kini, Rusia dilaporkan sangat membutuhkan pasukan tambahan di Ukraina karena perlawanan sengit negara Eropa timur tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])