Round Up Kampanye Hari ke-65, Suarakan Program Demi Raih Suara Rakyat

Nusantaratv.com - 01 Februari 2024

Arsip - Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2024 di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom/pri)
Arsip - Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2024 di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom/pri)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Tiga peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 terus berkampanye menyuarakan program andalan masing-masing demi meraih simpati dan dukungan masyarakat dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Pada hari ke-65 kampanye Pilpres 2024, Rabu (31/1), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menggelar kampanye akbar di Madura.

Capres RI Prabowo Subianto berkampanye di Jakarta, sementara Cawapres RI Gibran Rakabuming Raka berkampanye di Jawa Barat.

Pada hari yang sama Capres RI Ganjar Pranowo menyapa Kalimantan Barat, sementara Cawapres RI Mahfud Md. berkampanye di Lampung yang memberikan kejutan dengan mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Simak lebih dekat berbagai hal yang disuarakan ketiga pasangan calon dalam kampanyenya.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hadir dan menyampaikan pesan perubahan saat kampanye akbar di Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, Rabu.

"Sumenep memang luar biasa. Madura terkenal dengan orang-orang yang prinsipnya dipegang teguh, berani menghadapi tantangan, tidak mudah menyerah, selalu sanggup menghadapi tantangan apa pun," kata Anies.

Kampanye akbar itu dirangkaikan dengan istigasah dan deklarasi ulama Madura yang digelar ulama, kiai, habaib, dan tokoh masyarakat se-Sumenep.

Anies menjelaskan bahwa kedatangannya di Sumenep untuk menyampaikan pesan-pesan perubahan. Pesan utama perubahan adalah mewujudkan kehidupan keluarga bisa hidup leluasa, ekonomi lebih baik, dan lapangan kerja yang padat karya.

Anies ingin mewujudkan nasib keluarga petani lebih sejahtera dengan panen yang lebih baik karena ketersediaan pupuk.

"Pele nomor settong (pilih nomor 1, red)," kata Anies disambut histeris jemaah yang memadati Graha Adi Poday, Sumenep.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan bahwa perubahan merupakan agenda rakyat, hak yang harus diberikan kepada rakyat Indonesia.

"Saatnya kita lakukan perubahan. Kekuatan langit sudah nyata. Insyaallah, didukung para ulama, kita akan wujudkan perubahan untuk rakyat Indonesia," ujar Cak Imin.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Prabowo Subianto memilih beraktivitas di Jakarta pada hari ke-65 kampanye Pilpres 2024, sementara Gibran Rakabuming Raka berkampanye di Bogor, Jawa Barat.

Prabowo bertolak dari kediamannya di Hambalang menuju Jakarta untuk menghadiri forum diskusi politik dan ekonomi Trimegah Political and Economic Outlook 2024. Prabowo secara khusus berbicara pandangannya mengenai proyeksi perekonomian pada tahun 2024.

Selepas acara itu, Prabowo dijadwalkan kembali bekerja seperti biasa di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Sementara itu, Gibran menyempatkan bertemu dengan kelompok budayawan Sunda dan bersantap bersama di daerah Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu pagi. Dengan didampingi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Wilayah Jawa Barat Ridwan Kamil, Gibran menaiki kereta cepat Whoosh menuju Jakarta.

Di Jakarta, Gibran melanjutkan perjalanan ke Cibinong, Kabupaten Bogor, untuk bertemu dengan komunitas pegiat e-sport, cosplay, dan pelaku pariwisata.

Pada Rabu sore, Wali Kota Surakarta itu berdiskusi dengan sejumlah kelompok seniman di Bogor. Terakhir, GIbran berdiskusi dengan komunitas pelaku usaha kreatif di Samsara, Kota Bogor.
 
Ganjar Pranowo-Mahfud Md

Pada hari ke-65 Kampanye Pilpres 2024, Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Pontianak, Kalimantan Barat, sedangkan Mahfud Md. mengunjungi Lampung dan Aceh.

Ganjar memulai kegiatan di Pontianak dengan berdialog dengan mahasiswa dan generasi Z di Pontianak Convention Center (PCC), Jalan Sultan Abdurrahman 7—9 Akcaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Selanjutnya, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu berdialog dengan masyarakat lintas etnis di sebuah hotel di Jalan Teuku Umar Nomor 39, Darat Sekip, Kecamatan Pontianak, Kota Pontianak.

Ganjar hadir dalam orasi politik pada Pesta Rakyat Bersama Masyarakat Dayak Kalimantan Barat di Rumah Adat Lingga Ambawang, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Di lokasi terpisah, Mahfud Md. dengan didampingi Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud Yenny Wahid berorasi politik pada kampanye terbuka di Lapangan Merdeka, Labuhan Ratu Dua, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Usai mengikuti kampanye terbuka di Lapangan Merdeka, Mahfud juga menyempatkan diri berziarah ke Makam K.H. Ahmad Shodiq, Jalan Pondok Pesantren Braja Dewa, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur.

Selanjutnya, Mahfud bersama putri presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu kembali berorasi politik pada kampanye terbuka di Taman Marhaen, Jalan Simpang Randu, Kecamatan Way Siputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah.

Pada momen itulah Mahfud menyatakan akan mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam dan akan segera menemui Presiden RI Joko Widodo untuk secara resmi menyampaikan pengunduran dirinya.

Dari Taman Marhaen, Mahfud bersama Yenny Wahid dan rombongan menghadiri Istigasah dan Selawat Negeri Munajat Kemenangan Ganjar-Mahfud di Stadion Sukung Kelapa Tujuh, Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Lampung.

Dari Taman Marhaen, Mahfud bersama Yenny Wahid bertolak menuju Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung untuk melanjutkan perjalanan ke Kota Banda Aceh, Aceh.

Di Banda Aceh, Mahfud menjadi pembicara pada acara dialog Tabrak Prof yang dihadiri anak-anak muda dan masyarakat Aceh.
 
Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])