Ribuan Polisi Kawal Pengumuman Hasil Pilpres, Polda Metro Jaya Minta Aparat Tak Terprovokasi Pendemo

Nusantaratv.com - 20 Maret 2024

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi (kiri).
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi (kiri).

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ribuan polisi dikerahkan jelang pengumuman hasil Pilpres dan Pileg 2024, Rabu (20/3/2024). Mereka akan berjaga di kantor KPU RI dan DPR RI, serta lokasi lainnya. 

"Polda Metro Jaya telah menyiagakan sebanyak 4.376 personel untuk mengamankan kegiatan masyarakat menjelang putusan rekapitulasi hasil Pemilu 2024," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Mapolda Metro Jaya, Jakarta. 

Dari 4.376 personel yang disiagakan, akan ditempatkan pada empat sektor. Antara lain sektor KPU RI, Bawaslu RI, Monas dan sektor DPR RI. 

Polisi meminta agar pihak yang hendak turun ke jalan mengawal pengumuman hasil Pemilu, untuk tetap tertib. Sehingga tak merugikan hak-hak orang lain. 

"Kami mengimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara," kata dia.

"Tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap dipatuhi," sambungnya.

Adapun terkait rekayasa lalu lintas, dilakukan tergantung situasional atau kondisi di lapangan. Jika diperlukan, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas. 

"Maka kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di depan KPU RI dan juga DPR RI agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di depan gedung KPU RI dan DPR/MPR RI," jelas dia. 

Ade Ary juga meminta seluruh personel pengamanan untuk selalu bertindak persuasif dan tidak terprovokasi oleh pengunjuk rasa. 

"Agar mengedepankan negoisasi, pelayanan yang humanis serta laksanakan tugas sesuai prosedur," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])