Redaksi Portal Nusantara TV Dikunjungi Puluhan Siswi SMK Annuroniyah Rembang

Nusantaratv.com - 07 Juni 2023

Para siswi SMK Annuroniah Rembang, Jawa Tengah mendapat pembekalan mengenai seluk beluk portal Nusantaratv.com dan Sahabat.com oleh Manager IT, Edison Siregar/Nusantara TV
Para siswi SMK Annuroniah Rembang, Jawa Tengah mendapat pembekalan mengenai seluk beluk portal Nusantaratv.com dan Sahabat.com oleh Manager IT, Edison Siregar/Nusantara TV

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Ada yang tak biasa di kantor redaksi portal Nusantaratv.com pada Rabu (7/6/2023) pagi. Sedikitnya 46 siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Annuroniyah, Rembang, Jawa Tengah, melakukan kunjungan industri ke media online yang terletak di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat itu.

Kedatangan para siswi SMK Annuroniyah Rembang ke redaksi portal Nusantaratv.com diterima langsung oleh Manager IT, Edison Siregar dan Supriyanto selaku Sekertaris Redaksi.  

Para siswi yang mengenakan seragam sekolahnya nampak antusias selama berada di ruang redaksi portal Nusantaratv.com. Mereka banyak bertanya mengenai produksi berita, mulai dari pencarian, pengumpulan, penulisan, pengeditan hingga proses publikasi sebuah berita.

Bukan itu saja, para siswa juga mendapatkan pengetahuan mengenai proses sebuah berita yang sudah dipublish di portal Nusantaratv.com, kemudian disebarluaskan melalui sejumlah media sosial oleh tim sosmed portal.

Manager Information and Technology (IT) portal Nusantaratv.com sekaligus Sahabat.com, Edison Siregar menjelaskan kepada para siswi SMK Annuroniyah Rembang mengenai proses pembuatan sebuah berita dan juga proses berita itu disebarkan melalui sejumlah media sosial. 

"Tadi saya menjelaskan ke mereka bagaimana kita create antara berita dengan media sosial kita agar pembacanya banyak. Tim sosmed bagaimana deliver berita yang sudah dipublish di portal ke pembaca." ujar Edison Siregar.

Portal Nusantaratv.com karena berafiliasi dengan TV digital Nusantara TV menurut Edison, juga kerap mengangkat berita-berita yang ditayangkan oleh Nusantara TV. 

"Saya menjelaskan kepada para siswi mengenai portal Nusantaratv.com yang juga menuliskan berita-berita yang dibuat oleh Nusantara TV tersebut." imbuh Edison yang juga berprofesi sebagai Dosen di sebuah perguruan tinggi ternama tersebut. 

Edison mengatakan, khususnya kepada para siswi jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang bertandang ke kantor NTV, bahwa peluang kerja pada jurusan itu sangat besar kedepannya. 

"Itu akan mempengaruhi masa depan Indonesia. Mereka diharapkan bisa berpartisipasi." ungkap Edison. 

Salah satu kegiatan yang antusias dilakukan para siswi SMK Annuroniyah Rembang yakni saat mereka ditunjukan bagaimana cara melakukan input berita ke dalam portal Nusantaratv.com maupun Sahabat.com.

"Tadi mereka kita tunjukan form cara menambah artikel, judul, deskripsi, body seperti apa dan buat apa. Kita juga menambahkan SEO. Bagaimana pengaruh SEO itu ke pencarian Google. Umumnya mereka kurang paham apa itu SEO jadi mereka akan banyak belajarlah." tambah Edison.

Selain itu juga para siswi mendapatkan pengetahuan mengenai status seorang reporter atau penulis di portal Nusantaratv.com dan Sahabat.com. 

Edison membagi penulis atau reporter di Nusantaratv.com dan Sahabat.com menjadi dua katagori. Pertama penulis yang bertatus sebagai kontributor, yang mana produk tulisan mereka tidak bisa langsung terpublish, melainkan tersimpan ke dalam draft.

"Kita dari tim portal harus membaca dan mengedit dahulu berita dari kontributor. Apakah layak ditampilkan. Apakah ada mengandung SARA atau tidak jadi kita revisi terlebih dahulu sebelum kita tampilkan."

"Harapannya dengan media visit SMK Annuroniyah Rembang, portal Nusantaratv.com dan Sahabat.com makin dikenal luas, khususnya di wilayah Rembang, Jawa Tengah, dan makin banyak juga jumlah pembacanya." harap Edison.

Sejarah Berdirinya Portal Nusantaratv.com

Pada 21 Juli 2011 berdiri PT. SMN (Sonvaldy Media Nusantara) sebagai entitas bisnis media di bawah group Holding SONVALDY GROUP yang menerbitkan majalah INFO BISNIS INTERNASIONAL (Edisi Perdana bulan November 2011).

Pada 8 Desember 2011, diterbitkannya Akte Perusahaan PT. NUSANTARA MEDIA MANDIRI oleh Notaris Dian Fitriana, SH dengan nomor akte 4 sebagai entitas ke dua, bisnis media di bawah Holding SONVALDY GROUP sebagai perusahaan industri televisi yakni NUSANTARA TV Jakarta.

April 2012, PT.SMN kembali menelorkan sebuah media  cetak baru yang fokus di bidang finansial yakni GOLDBANK.

Pada tahun 2017, PT NUSANTARA MEDIA MANDIRI kembali melahirkan sebuah portal berita dengan nama Nusantaratv.com.

Portal berita Nusantaratv.com terdiri dari 10 kanal seperti: News, MPR, DPR, Kementerian, Finance, Sport & Bola, Otomotif, Tekno & Sains, ShowBiz, Lifestyle, Food, kamutau dan opini

Kanal News berisi berita-berita terkini yang sedang hangat dan menjadi pembicaraan masyarakat.

Kanal MPR, DPR dan Kementerian berisi berita-berita seputar kegiatan DPR, MPR maupun kementerian Kemenparekraf.

Kanal Finance yakni terkait berita ekonomi dan keuangan serta fluktuasi harga emas dan harga sembako di pasar tradisional

Kanal Sport & Bola berisi berita-berita olahraga dari berbagai cabang olahraga

Kanal Otomotif merupakan berita seputar otomotif dan mobil-mobil keluaran terbaru

Tekno & Sains berisi berita terkait teknologi dan sains

Showbiz berita seputar artis dan selebritis

Lifestyle yaitu berita gaya hidup

Food adalah berita seputar kuliner

Kamutau?: seputar berita-berita unik, aneh, mistis dan supranatural

Opini: merupakan kanal yang dipersiapkan untuk menampung tulisan pendapat pribadi dari penulis terkait situasi yang sedang terjadi.

Portal Nusantaratv.com dalam mendapatkan berita melalui berbagai cara, seperti melakukan liputan langsung,  wawancara dengan narasumber, bisa juga merewrite berita. 

Selain itu, portal nusantaratv.com juga bekerja sama dengan kantor berita Antara, Reuters dan VOA (Voice Of America).

Di awal tahun 2023 tepatnya pada 27 Januari 2023, PT NUSANTARA MEDIA MANDIRI kembali menerbitkan sebuah website dengan segmentasi News & Entertain.**

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])