Recep Tayyip Erdogan Telepon Vladimir Putin, Tekankan Pentingnya Gencatan Senjata

Nusantaratv.com - 28 Maret 2022

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Reuters)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin melalui panggilan telepon pada Minggu (27/3/2022) mengenai pentingnya gencatan senjata dan kondisi kemanusiaan yang lebih baik menyusul invasi Moskow di Ukraina.

"Erdogan menggarisbawahi pentingnya gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina, implementasi perdamaian dan perkembangan kondisi kemanusiaan di kawasan itu," kata kantor Presiden Turki dalam pernyataannya, dikutip dari Reuters, Senin (28/3/2022).

Kedua pemimpin itu sepakat perundingan damai berikutnya antara Ukraina dan Rusia akan digelar di Istanbul.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu melalui panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Minggu (27/3/2022), mengatakan Turki menyadari kepercayaan dan tanggung jawabnya pada rencana pertemuan Ukraina dan Rusia di Turki.

"Kami berharap pertemuan itu menghasilkan gencatan senjata permanen dan membawa perdamaian," kata Cavusoglu di Twitter.

Sebelumnya pada Minggu (27/3/2022), perunding Ukraina David Arakhamia mengatakan pembicaraan langsung selanjutnya antara Ukraina dan Rusia akan berlangsung di Turki pada 28-30 Maret.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])