Rayakan Ulang Tahun ke-64, Kaisar Naruhito Sampaikan Duka Cita Bagi Korban Gempa Bumi

Nusantaratv.com - 24 Februari 2024

Kaisar Naruhito merayakan ulang tahun ke-64 pada Jumat, 23 Februari 2024. (Foto: Kyodo)
Kaisar Naruhito merayakan ulang tahun ke-64 pada Jumat, 23 Februari 2024. (Foto: Kyodo)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kaisar Naruhito merayakan ulang tahun ke-64 pada Jumat, 23 Februari 2024. 

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan duka cita atas hilangnya nyawa akibat gempa bumi dahsyat yang melanda Jepang tengah pada Hari Tahun Baru, 1 Januari 2024. Kaisar Naruhito juga menyampaikan simpatinya kepada orang-orang yang kehilangan tempat tinggal.

Kaisar mengungkapkan keinginannya untuk mengunjungi daerah yang terkena dampak bencana di Semenanjung Noto di Prefektur Ishikawa, bersama istrinya Permaisuri Masako.

"Hati saya sungguh sedih bagi banyak orang yang terkena dampak dan mereka yang terpaksa mengungsi," kata Kaisar Naruhito pada konferensi pers di Istana Kekaisaran menjelang ulang tahunnya, seperti dilansir dari Kyodo.

Kaisar berharap pemulihan dan rekonstruksi akan berjalan lancar, dan menyampaikan penghargaannya kepada para pekerja keras profesional yang terlibat dalam upaya bantuan dan dukungan medis.

Berkaca pada perkembangan positif selama setahun terakhir, kaisar menyinggung pelonggaran pembatasan virus corona ketika pemerintah pada Mei menurunkan status hukum Covid-19 ke kategori yang sama dengan influenza musiman.

"Itu adalah tahun di mana kita dapat melihat dengan jelas perkembangan cemerlang dalam proses kehidupan sehari-hari masyarakat kembali normal," urainya.

Kaisar Naruhito mengatakan dia senang dapat melanjutkan tugasnya menghadiri berbagai upacara dan acara sejalan dengan pelonggaran pembatasan Covid-19.

"Saya merasakan momen-momen yang mengharukan ketika saya mendengarkan langsung berbagai orang dan melihat senyuman mereka di tempat-tempat yang saya kunjungi," ujarnya.

Pada Juni tahun lalu, Kaisar Naruhito mengunjungi Prefektur Iwate, timur laut Jepang, untuk menghadiri festival penanaman pohon nasional dan berbincang dengan orang-orang yang mengalami bencana gempa bumi dan tsunami pada Maret 2011.

"Saya tersentuh atas upaya tak kenal lelah mereka meski menghadapi banyak tantangan," imbuhnya.

Mengenai keluarganya, dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Permaisuri Masako setelah menghabiskan 30 tahun bersamanya dan meminta dukungannya yang tak pernah putus selamanya.

Sang permaisuri telah berupaya dengan gangguan stres pada penyesuaian diri sejak Desember 2003, ketika dia masih menjadi Putri Mahkota dan jarang tampil di depan umum. Sejak menjadi Permaisuri, kehadirannya di acara dan upacara semakin sering.

Dalam pernyataannya tahun lalu, dokter Permaisuri Masako mencatat jika dia sedang dalam proses pemulihan, meski kondisinya tidak menentu Kaisar Naruhito mengatakan dia senang mendengar jika anak tunggal mereka, Putri Aiko, 22, telah memutuskan untuk bergabung dengan Palang Merah Jepang pada April.

"Saya berharap beliau semakin memperluas wawasannya dengan mendapatkan berbagai pengalaman," ucapnya.

Kaisar Naruhito, bersama dengan anggota keluarga kekaisaran lainnya, melambaikan tangan kepada para simpatisan dari balkon istana pada Jumat (23/2/2024) pagi waktu setempat.

Kendati mereka yang ingin hadir tidak perlu mengajukan permohonan terlebih dahulu, tidak seperti tahun lalu, jumlah orang yang diizinkan masuk ke masing-masing dari tiga sesi penyambutan dibatasi hingga 20.000 orang demi mencegah penyebaran virus corona.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])