Rayakan May Day, Puluhan Ribu Buruh Penuhi Patung Kuda Monas

Nusantaratv.com - 01 Mei 2024

Para buruh mendatangi kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat untuk merayakan May Day.
Para buruh mendatangi kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat untuk merayakan May Day.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Puluhan ribu buruh sudah berkumpul di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2024). Mereka hendak merayakan May Day atau Hari Buruh Internasional 2024.

Buruh yang datang dari berbagai elemen. Ini ditandai dengan berbagai warna bendera, pakaian dan atribut yang mereka kenakan. Mereka datang ke kawasan Patung Kuda dari berbagai arah. Mereka hadir menggunakan bermacam jenis kendaraan, baik bus, sepeda motor, mobil pribadi maupun angkutan umum. 

Hingga pukul 10.50 WIB para pekerja masih terus berbondong-bondong ke kawasan Patung Kuda. Bahkan masih ada kelompok buruh yang tertahan di sejumlah lokasi, sebelum masuk ke kawasan Monas.

Seiring dengan itu, berbagai kelompok serikat pekerja turut menyampaikan orasi. Ada beberapa tuntutan mereka. 

"Cabut omnibus law!" seru salah seorang orator perempuan. 

"Hidup buruh, hidup perempuan Indonesia!" sambungnya. 

"Hidup!" sahut massa aksi. 

Selain itu, salah satu kelompok buruh juga menuntut disahkannya Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) oleh pihak terkait. 

"Karena pembantu rumah tangga juga buruh," kata orator perempuan lainnya. 

Alunan beragam musik juga diputar di lokasi, guna menghibur para buruh. Sementara polisi sendiri, selain mengamankan jalannya aksi buruh, juga mengalihkan arus lalu lintas di sekitar lokasi. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])