Putin Pilih Komandan Perang Baru, Ukraina: Apa Pun Rencananya Kami Menang

Nusantaratv.com - 11 April 2022

Putin dan Alexander Dvornikov. (Net)
Putin dan Alexander Dvornikov. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ukraina menyebut negaranya bakal tetap menang dalam perang melawan Rusia, meski Presiden Vladimir Putin menunjuk jenderal baru untuk memimpin invasi.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytri Kuleba, mengatakan, rencana awal invasi Rusia telah gagal. Menurut dia, sejarah akan mencatat rencana siapa yang akan menang dalam pertempuran ini.

"Sekarang mereka (Rusia) punya rencana lain, tapi kami punya rencana sendiri," ujar Kuleba mengenai penunjukan jenderal baru Rusia, Minggu (10/4/2022).

"Apa pun yang Rusia rencanakan, kami punya strategi ini berdasarkan asumsi, dengan keyakinan kami akan memenangkan perang, dan kami akan membebaskan wilayah kami," imbuhnya. 

Pernyataan itu diutarakan Kuleba menanggapi keputusan Presiden Putin yang menunjuk Kolonel Jenderal Alexandaer Dvornikov untuk memimpin agresi militer di Ukraina.

Putin memilih Dvirnikov usai Rusia gagal menguasai ibu kota Ukraina, Kyiv.

Dvornikov ialah komandan Distrik Militer Selatan Rusia. Pengalaman dia di ranah pertempuran bukan sembarangan. 

Pada 2015 lalu, Dvornikov menjadi komandan pertama operasi militer Rusia di Suriah untuk mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Di bawah komando dia, pesawat Rusia membombardir kawasan padat penduduk di wilayah Aleppo Timur dan menyebabkan banyak korban sipil.

Setahun setelahnya, Aleppo jatuh ke tangan pasukan pemerintah Suriah.

Penunjukan jenderal baru Rusia di Ukraina diharapkan dapat membuat pasukannya fokus menaklukkan wilayah Donbas.

Di samping itu, mengutip CNN, pejabat Eropa menilai keputusan Putin memilih jenderal baru merupakan refleksi buruknya operasi mereka di Ukraina.

"Ini menunjukkan pengakuan Rusia bahwa itu berjalan sangat butuk dan mereka perlu melakukan sesuatu yang berbeda," ujar pejabat tersebut, Minggu (10/4/2022).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])