Putin Melunak? Minta Ukraina Hentikan Perang, Rusia Siap Negosiasi

Nusantaratv.com - 30 September 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin/ist
Presiden Rusia Vladimir Putin/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mendadak menunjukkan sikap yang terkesan melunak terhadap Ukraina. Ia meminta Ukraina untuk menghentikan perang dan segala tindakan militer setelah pasukan Kyiv berhasil memukul pasukan Moskow beberapa waktu lalu.

"Kami meminta [pemerintahan] Kyiv untuk segera menghentikan tindakan militer dan kembali ke meja perundingan," kata Putin saat menyampaikan pidato deklarasi resmi soal wilayah baru Rusia.

Putin juga menyerukan dirinya terbuka untuk negosiasi guna menghentikan perang.

"Kami terbuka untuk ini dan kami menyatakan itu berkali-kali," tegas Putin.

Namun, Putin menegaskan bahwa pihak Ukraina harus menghargai hasil referendum di empat wilayah di negara itu.

"[Ukraina harus] menghormati ekspresi kehendak rakyat", ucap Putin, mengutip CNNIndonesiacom.

Diketahui, pekan lalu, empat wilayah yang menggelar referendum itu yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson. Mayoritas penduduk diklaim menginginkan wilayah itu bergabung dengan Rusia. Namun, sejumlah pihak meragukan hasil referendum itu.

Amerika Serikat misalnya, menuding hasil referendum sudah ada bahkan sebelum pemungutan suara berlangsung. Mereka juga mengutuk tak akan mengakui hasil referendum itu. Namun, Putin tak menghiraukan kecaman komunitas internasional.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])