Puskesmas di Klaten Digeruduk Warga Gegara Tak Pinjami Ambulans

Nusantaratv.com - 30 April 2022

Ilustrasi ambulans/ist
Ilustrasi ambulans/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Puskesmas Gantiwarno, Klanten, Jawa Tengah digeruduk oleh warga setempat. Aksi tersebut dilakukan warga karena ada salah seorang warga yang meninggal setelah telat dibawa ke rumah sakit karena tak dipinjami ambulans oleh Puskesmas.

Warga Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno Rais (32) menuturkan kejadian bermula ketika ada warga bernama Danang yang tiba-tiba tidak sadarkan diri usah bermain batminton kemarin malam. Pihak RT kemudian inisiatif untuk meminjam mobil ambulans dari Puskesmas.

"Terus warga pinjam ke puskesmas tapi tidak boleh. Padahal saat ini masih ada napas, seandainya pakai ambulans kan ada oksigen," kata Rais, Sabtu (30/4/2022).

Warga akhirnya membawa Danang ke Rumah Sakit menggunakan kendaraan pribadi. Saat tiba di RS, Danang sudah meninggal.

Baca juga: Geruduk Grahadi, Ribuan Bonek Serukan Revolusi Sepakbola Indonesia

Akibat kejadian tersebut, warga langsung menggeruduk Puskesmas. Warga mengatakan kecewa dengan tindakan Puskesmas.

"Ini tidak sekali, dua kali Pak. Kalau dipinjami ambulans sama warga alasannya prosedur. Warga tadi malam gruduk Puskesmas sekitar 100 orang sampai jam 02.00 WIB," imbuh Rais, mengutip detikcom.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Klaten, dokter Cahyono Widodo, mengatakan pihaknya telah mengambil tindakan. Di antaranya meminta keterangan pihak puskesmas.

"Tadi malam sudah kita tindaklanjuti ke kepala puskesmas. Saat kejadian yang jaga shift kebetulan wanita semua, sehingga tidak berani," kata Cahyono.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])