Punguan Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek Gelar Pesta Partangiangan Bona Taon 2024 Usung Tema Sehati Sepikir untuk Kepentingan Bersama

Nusantaratv.com - 28 April 2024

Ketua Umum Punguan Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek, St. Mangara Gultom didampingi jajaran pengurus memberikan keterangan pers di Sopo Marpingkir HKBP Pulo Gebang Jakarta, Minggu (28/4/2024).
Ketua Umum Punguan Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek, St. Mangara Gultom didampingi jajaran pengurus memberikan keterangan pers di Sopo Marpingkir HKBP Pulo Gebang Jakarta, Minggu (28/4/2024).

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Punguan atau kumpulan etnis Batak, Toga Gultom Dohot Boruna yang berdomisi di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) menggelar Pesta Partangiangan Bona Taon 2024 di Sopo Marpingkir HKBP di Pulo Gebang, Jakarta, Minggu (28/4/2024). 

Bona taon merupakan tradisi Batak sebagai rasa syukur dapat memasuki tahun yang baru. 

Pesta Partangiangan Bona Taon Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek kali ini mengusung Tema: Sehati Sepikir dan Satu Tujuan Demi Kepentingan Bersama (Filipi: 2: 2-3) dengan Subtema: Toga Gultom Mewujudkan Sehati Sepikir dan Satu Tujuan untuk Kepentingan Bersama di Era Digital, berlangsung meriah dan penuh suka cita. 

Hadir Ketua Umum Punguan Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek masa bakti 2024-2028, St. Mangara Gultom beserta istri Br. Butarbutar, Penasihat yang juga mantan Ketum Punguan Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek masa bakti 2016-2020 dan 2020-2024, Drs Kadir Gultom/Br. Rajagukguk, Ketua Panitia Pelaksana Bona Taon Ketua Panpel Wasinton Gultom, para tetua dan sesepuh Toga Gultom, serta ratusan komunitas Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek. 

Pesta Partangiangan Bona Taon Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek 2024 terasa istimewa karena dihadiri oleh Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, ST. 

Acara dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Gomar Gultom, M.Th. yang juga Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI). 

Ditemui di sela-sela acara, Ketua Umum Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek, St. Mangara Gultom mengatakan kegiatan ini bertujuan mempererat tali persaudaraan Pomparan (keturunan) Toga Gultom di manapun berada khususnya di Jadetabek. 

Selain sebagai wujud rasa syukur karena dapat memasuki tahun yang baru yaitu tahun 2024, kata Mengara Gultom, melalui Pesta Partangiangan Bona Taon Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek kali ini pihaknya ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) generasi muda Toga Gultom. 

Bentuk konkret dari kepedulian ini adalah dengan memberikan bimbingan belajar gratis selama satu tahun kepada para generasi muda Toga Gultom berprestasi namun kesulitan secara finansial. Program beasiswa ini diberikan kepada para siswa di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Jadi sesuai sesuai dengan khotbah Pak Pendeta tadi bahwa kita untuk meningkatkan sumber daya khususnya generasi muda. Kita sudah mencoba bekerja sama dengan Bimbingan Belajar Inten," tutur Mangara.

"Nanti kita akan cari dari wilayah-wilayah khususnya pomparan Toga Gultom yang memang mempunyai predikat baik. Akan kita gratiskan untuk bimbingan 1 tahun ke depan," imbuhnya. 

Mangara menjelaskan Bimbingan Belajar Inten kebetulan dikelola salah satu putra Pomparan Toga Gultom. Sehingga program beasiswa ini dapat terealisasi dengan baik. 

"Kami memulai dari Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi dulu. Kalau kita lihat potensinya itu ada di Jabotabek. Orang-orang yang memang punya kemampuan tapi kurang dari segi finansial. Ini yang akan kita coba angkat," ujar Mangara. 

"Ini sesuai dengan kotbah Pak Pendeta tadi, betul-betul mengarah kepada tujuan kita bersama," tambahnya. 

Lebih lanjut Mangara mengatakan selain berkomitmen meningkatkan kualitas SDM generasi muda Toga Gultom pihaknya juga berupaya untuk berkontribusi membantu komunitas Toga Gultom di kampung halaman (Bona Pasogit) yang menghadapi kesulitan. Salah satunya dengan membantu donasi untuk putra seorang marga Gultom di Samosir yang sakit dan harus menjalani operasi tetapi kesulitan dari segi biaya. 

"Seperti yang disampaikan oleh Liturgis tadi bahwa ada putra marga Gultom di kampung. Maaf karena dia kekurangan biaya jadi harus operasi. Tadi kita melakukan kolekte bersama yang akan kita sumbangkan ke kampung halaman 

Gultom sebagai Berkat bagi Indonesia

Pada kesempatan yang sama, Pendeta Gomar Gultom menyampaikan esensi dari tema yang diusung dalam Pesta Partangiangan Bona Taon Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek 2024 adalah mengajak seluruh keluarga Gultom juga sekaligus menjadi komitmen kolektif dari Pomparan keturunan Toga Gultom untuk sehati sepikir. 

"Sehari sepikir dalam arti bukan hanya untuk diri sendiri. Tetapi sehati sepikir untuk tujuan bersama," tutur Pendeta Gomar Gultom. 

"Gultom mau hadir di tengah-tengah bangsa ini sebagai berkat. Dan hanya kalau kami bersatu kami bisa menyumbang buat negeri ini. Kebersamaan kami dalam punguan ini bukan untuk diri kami semata. Tapi berbuat bagi negeri," imbuhnya. 

Gomar Gultom lebih lanjut mengatakan komitmen sehati sepikir untuk bersama sehingga dapat membawa Toga Gultom menjadi berkat untuk Indonesia juga menjadi harapannya kepada pengurus Punguan Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek yang baru masa bakti 2024-2028. 

"Itu harapan kita kepada juga pengurus yang baru. Akan menata sedemikian rupa potensi Gultom yang terserak di berbagai tempat untuk diakumulasikan menjadi berkat bagi bangsa Indonesia," tukasnya. 

Terkait digitalisasi yang juga disinggung dalam tema, menurut Gomar Gultom tidak bisa disangkal sekarang budaya digital telah mentransformasi masyarakat Indonesia. 

"Dan oleh karena itu pengurus Toga Gultom ingin juga mempersiapkan seluruh elemen di dalam lingkungan 
Toga Gultom ini. Siap memasuki era digital. Tidak ada yang terdisrupsi nantinya," ujarnya. 

"Harapan kita  terhadap Toga Gultom ke depan, dimanapun berada mampu mengaktualisasikan dirinya sebagai anak bangsa di tengah perubahan masyarakat menuju masyarakat digital ini," pungkasnya. 

Rangkaian acara Pesta Partangiangan Bona Taon Toga Gultom Dohot Boruna Se-Jadetabek ditutup dengan pengukuhan kepengurusan Punguan Toga Gultom Dohot Boruna se-Jadetabek masa bakti 2024-2028 yang ditandai dengan penyerahan pataka atau bendera Punguan Toga Gultom Dohot Boruna se-Jadetabek dari mantan Ketum Drs Kadir Gultom kepada Ketum baru St. Mangara Gultom. Dilanjutkan dengan penyerahan piala. Pada kesempatan itu, Mangara Gultom bersama kepengurusan baru memberi kenang-kenangan berupa pin dasi dari emas kepada Kadir Gultom dan istri Br Rajagukguk. 

Dalam rangkaian kegiatan ini diadakan juga pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk tekanan darah dan gula darah. Layanan diberikan oleh para dokter wanita Boru Gultom. 

Puncaknya pembagian doorprize dengan hadiah utama satu unit motor dan sepeda listrik dan aneka hadiah menarik lainnya.
 

 


 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])