Puluhan Ribu Buruh Padati HI, Lalin Macet

Nusantaratv.com - 01 Mei 2024

Buruh merayakan May Day di Bundaran HI.
Buruh merayakan May Day di Bundaran HI.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Puluhan ribu buruh memadati kawasan Bundaran HI. Mereka hadir di lokasi itu guna merayakan May Day atau Hari Buruh Internasional 2024.

Mereka berkumpul, bernyanyi dan berorasi di tempat tersebut. Masing-masing elemen buruh memberikan arahan atau orasi dalam kesempatan itu. Musik turut mereka putar guna mengiringi aktivitas buruh di kesempatan itu. 

Akibat buruh dan kendaraannya yang berkumpul, kemacetan lalu lintas (lalin) terjadi di sekitar lokasi. Kendaraan pribadi termasuk angkutan umum seperti bus Transjakarta, lajunya terhambat saat melintasi lokasi. Petugas pun berupaya mengatur lalu lintas. 

Sebelumnya, puluhan ribu buruh mendatangi kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat guna merayakan May Day 2024. Setelah itu, mereka bergeser ke Stadion Madya Senayan untuk mengikuti acara May Day Fiesta. 

Seiring dengan itu, mereka long march atau konvoi bersama menuju Bundaran HI terlebih dahulu. Setelah itu barulah mereka menuju Stadion Madya. 

Meski begitu, tak seluruh kelompok buruh berada di satu lokasi yang sama. Nampak masih ada buruh yang tersisa di kawasan Patung Kuda. Ada juga buruh yang langsung melanjutkan perjalanan ke Stadion Madya Senayan, tak berhenti sejenak di Bundaran HI.

Adapun tuntutan utama buruh dalam May Day tahun ini, ialah pencabutan UU Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan, dan hapus outsourcing tolak upah murah (Hostum). 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])