Profil Joko Pinurbo, Sastrawan Ternama yang Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun

Nusantaratv.com - 27 April 2024

Joko Pinurbo (Foto: Instagram @jokpin.jogja)
Joko Pinurbo (Foto: Instagram @jokpin.jogja)

Penulis: Adiansyah

Nusantaratv.com - Kabar duka datang dari dunia sastra Tanah Air. Penyair kondang, Joko Pinurbo atau yang juga dikenal dengan nama Jokpin meninggal dunia di usia 61 tahun pada Sabtu, 27 April 2024. 

Meninggalnya Jokpin turut dikabarkan oleh unggahan dari salah satu rekannya Ulin Ni'am Yusron di Instagram @ulinyusron.

"Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Telah berpulang penyair, panutan dan pembimbingku waktu S2 IKJ Mas @jokpin.jogja tadi pagi. Saat ini jenazah masih di RS dan akan disemayamkan di PUKY siang nanti. Almarhum akan dimakamkan besok Minggu di Sleman," kata Ulin. 

Profil Joko Pinurbo

Joko Pinurbo (Instagram)

Joko Pinurbo merupakan seorang penyair legendaris yang berasal dari Jawa Barat. Lahir di Sukabumi pada tanggal 11 Mei 1962, Pinurbo telah gemar mengarang puisi sejak SMA.

Keseriusannya menggeluti dunia puisi dilanjutkan dengan berkuliah di IKIP Yogyakarta. 

Selama mengambil pendidikan di IKIP, ia masuk jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sehingga sangat berkaitan dengan kemampuan mengarang puisi tersebut. 

Beberapa puisi yang terkenal dari Jokpin seperti Celana (1999), Pacar Kecilku (2003), dan yang terbaru Epigram 60 (2022).

Kemudian ada Perjamuan Khong Guan yang diterbitkan pada 2020, Selamat Menunaikan Ibadah Puisi tahun 2016, Tahilalat 2012, dan Malam ini Aku akan Tidur di Matamu tahun 2016. 

Joko Pinurbo juga telah mendapatkan banyak penghargaan, seperti Penghargaan Buku Puisi Dewan Kesenian Jakarta, Sih Award, Hadiah Sastra Lontar dan Tokoh Sastra Pilihan Tempo. 

Semua penghargaan tersebut ia peroleh pada tahun 2001. Tak hanya itu, ia juga meraih penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa di tahun 2005 dan 2015, dan South East Asian (SEA) Write Award pada 2014 silam. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])