Presiden Jokowi Sambut Kedatangan PM Singapura Lee Hsien Loong di Istana Bogor

Nusantaratv.com - 29 April 2024

Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. (Antara)
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. (Antara)

Penulis: Habieb Febriansyah | Editor: Tasya Paramitha

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Bogor pada Senin pagi, 29 Mei 2024. Keduanya bertemu di Ruang Teratai dengan Jokowi mengenakan batik berwarna cokelat muda.

Setelah sambutan, Presiden Jokowi mendampingi PM Lee untuk menandatangani buku tamu sebelum memulai pertemuan dalam format leaders’ retreat, dilansir dari Antara.

Pertemuan ini menjadi momentum untuk mengevaluasi 10 tahun kerja sama yang sudah terjalin antara kedua negara dan memastikan hubungan yang baik terus berlanjut.

Salah satu fokus utama retreat ini adalah pengembangan sumber daya manusia, terutama dalam bidang pengembangan keterampilan, pertukaran talenta di sektor digital, dan peningkatan kapasitas di bidang kesehatan. 

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) juga menjadi salah satu topik utama, mengingat minat investasi dari perusahaan-perusahaan Singapura di sektor ini, termasuk dalam transisi energi.

Kunjungan PM Lee ke Indonesia dalam rangka leaders’ retreat ini menjadi momen terakhirnya sebagai perdana menteri Singapura sebelum menyerahkan pemerintahan kepada PM yang baru. Serupa dengan Lee, tahun 2024 juga menandai akhir kepemimpinan Jokowi setelah 10 tahun menjabat sebagai presiden RI.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah menteri, termasuk Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Di sisi Singapura, PM Lee dibantu oleh delegasi menteri termasuk Wakil PM Lawrence Wong, yang akan segera memimpin sebagai PM Singapura pada Mei mendatang.

Percakapan antara Wong dan Prabowo, yang terpilih sebagai Presiden RI periode 2024-2029, menjadi sorotan dalam pertemuan ini, menandai pergantian kepemimpinan yang penting bagi kedua negara.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close