Polres Tanam 3.600 Mangrove di Pantai Ancol Sibolga

Nusantaratv.com - 12 Februari 2023

Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja menanam mangrove di areal Pantai Ancol Sibolga, Kelurahan Pasar Belakang, Kota Sibolga. ((ANTARA/HO-Humas Polres Sibolga)
Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja menanam mangrove di areal Pantai Ancol Sibolga, Kelurahan Pasar Belakang, Kota Sibolga. ((ANTARA/HO-Humas Polres Sibolga)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Polres Sibolga Bersama Forkopimda menanam 3.600 batang bibit mangrove di areal Bufet Zoom Pertamina (Pantai Ancol Sibolga) di Kelurahan Pasar Belakang, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Kegiatan penanaman mangrove itu dilaksanakan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

"Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah serta Forkopimda Sibolga dalam mengelola sampah serta memperkuat partisipasi publik dalam zero emisi dan gerakan memilah sampah," kata Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, Sabtu.

Taryono menyebutkan hal ini adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan bermanfaat untuk semua.

"Selain itu juga salah satu bentuk kepedulian terhadap ekosistem mangrove yang ada di kota Sibolga," ucapnya.

Taryono mengatakan mangrove memiliki fungsi yang besar bagi kehidupan manusia, antara lain dapat menahan arus air laut.

Kemudian dapat menyerap gas karbon dioksida dan penghasil oksigen, sebagai tempat biota laut seperti ikan kecil, kepiting, melindungi pantai dan sungai dari erosi dan abrasi.

"Menahan angin kencang dari laut, menahan proses penimbunan lumpur dan menjaga wilayah penyangga dan menyaring air laut menjadi air tawar di daratan," katanya.

Kapolres meminta kepada masyarakat khususnya Kota Sibolga untuk peduli dan bisa menjaga serta bersama - sama melestarikan tanaman mangrove.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])