Polisi: Lebih dari 900 Mayat Warga Sipil Ditemukan di Wilayah Kiev

Nusantaratv.com - 16 April 2022

Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi pengeboman di sebuah pusat perbelanjaan di Kiev, Ukraina 21 Maret. (Marko Djurica/Reuters)
Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi pengeboman di sebuah pusat perbelanjaan di Kiev, Ukraina 21 Maret. (Marko Djurica/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pihak kepolisian Ukraina menemukan lebih dari 900 mayat warga sipil di wilayah Ibu Kota Ukraina, Kiev.

Ratusan mayat tersebut ditemukan setelah Rusia menarik pasukannya dari Kiev, seperti dikutip dari Associated Press (AP), Sabtu (16/4/2022). Polisi menduga ratusan mayat itu dieksekusi oleh pasukan Rusia. Bahkan, sebagian besar dari mereka ditembak mati. 

Jumlah mayat yang sangat banyak ini muncul tak lama setelah Kementerian Pertahanan Rusia berjanji untuk meningkatkan serangan rudal ke Kiev sebagai tanggapan atas dugaan agresi Ukraina di wilayah Rusia.

Peringatan itu muncul usai insiden hilangnya kapal perang Rusia di Laut Hitam, yang menurut pejabat senior pertahanan AS pada Jumat (15/4/2022) yang memang terkena rudal Ukraina.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Regional Kiev, Andriy Nebytov mengatakan mayat-mayat itu ditinggalkan di jalan-jalan atau dimakamkan sementara. Dia menambahkan berdasarkan data polisi, sebanyak 95 persen mayat tersebut meninggal karena luka tembak.

"Akibatnya, kami memahami di bawah pendudukan (Rusia), orang-orang dieksekusi begitu saja di jalanan," kata Nebytov.

Menurut Nebytov, lebih banyak mayat ditemukan setiap hari di bawah reruntuhan dan kuburan massal.

Diketahui, jumlah korban terbesar sempat ditemukan di Bucha. Di mana pihak Ukraina menemukan lebih dari 350 mayat.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])