Polda Papua Barat Gencarkan Edukasi dan Sosialisasi Tertib Lalu Lintas

Nusantaratv.com - 14 Februari 2023

Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat Kombes Pol Raydian Kokroseno (tengah) bersama Kepala Cabang PT Jasa Raharja Manokwari Arvian Riza Yudhawan (kiri) saat diwawancara di Manokwari, Selasa. ANTARA/Fransiskus Salu Weking.
Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat Kombes Pol Raydian Kokroseno (tengah) bersama Kepala Cabang PT Jasa Raharja Manokwari Arvian Riza Yudhawan (kiri) saat diwawancara di Manokwari, Selasa. ANTARA/Fransiskus Salu Weking.

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah Papua Barat menggencarkan edukasi dan sosialisasi bagi pengemudi kendaraan bermotor agar dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar) di wilayah itu.

Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat Komisaris Besar Polisi Raydian Kokroseno di Manokwari, Selasa mengatakan selama pelaksanaan Operasi Keselamatan Mansinam 2023 pihaknya mengutamakan kegiatan persuasif dan humanis untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas.
 
"Saya sudah sampaikan ke jajaran satlantas polres agar kita utamakan edukasi dan sosialisasi tertib lalu lintas," kata Raydian
 
Dari tujuh sasaran Operasi Mansinam 2023, pelanggaran helm paling banyak ditemukan karena pengendara belum sepenuhnya menyadari manfaat penggunaan helm tersebut.
 
Sehingga, kegiatan persuasif dan humanis terus dilakukan oleh jajaran satlantas di masing-masing polres baik di Papua Barat maupun Papua Barat Daya.
 
"Kalau ada yang sudah sering kita beri peringatan tapi tetap dilanggar ya kita tilang," ujar dia.
 
Menurut dia, peningkatan kesadaran pengendara soal tertib berlalu lintas memerlukan peran serta lintas elemen seperti media massa, orang tua, tokoh masyarakat dan lainnya.
 
Selain itu, Polda Papua Barat membutuhkan dukungan dari lima pilar penanganan lalu lintas yaitu Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Jasa Raharja dan Polri.
 
"Tahun 2023 ini kita tingkatkan kerja sama dan koordinasi lima pilar," jelas dia.
 
Raydian menambahkan bahwa khusus 14 Februari yang identik dengan Hari Kasih Sayang, maka Ditlantas Polda Papua Barat bersama Satlantas Polres Manokwari dan PT Jasa Raharja Cabang Manokwari menggelar kegiatan simpatik di Jalan Haji Bauw, Manokwari.
 
Setiap pengemudi kendaraan bermotor yang melintas diberikan brosur tentang ETLE, bunga dan cokelat yang bertuliskan pesan keselamatan dalam berkendara.
 
"Kita bagikan bunga sebanyak 50 tangkai, cokelat 50, brosur 100 lembar. Kita sampaikan bahwa kasih sayang itu bukan hari ini saja, tapi harus tumbuh setiap saat," kata dia.
 
Kepala Cabang PT Jasa Raharja Manokwari Arvian Riza Yudhawan menuturkan ada 30 helm dibagikan kepada pengendara secara gratis pada kegiatan simpatik bersama Ditlantas Polda Papua Barat untuk menekan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas.
 
"Edukasi dan sosialisasi melalui pembagian helm dan selebaran ini bisa kita kurangi angka kecelakaan lalu lintas," ujar dia.
 
Selama tahun 2022, kata dia, pembayaran klaim didominasi kasus kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia dengan rata-rata korban masih berusia produktif.
 
Ada dua wilayah dengan angka fatalitas kecelakaan paling tinggi yaitu Manokwari, Papua Barat dan Sorong, Papua Barat Daya.
 
"Paling banyak pengendara sepeda motor dan usia pengendaranya masih produktif," ucap Arvian.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])