Pilpres Rusia 2024: Berikan Suara Secara Online, Vladimir Putin Diprediksi Menang Mudah

Nusantaratv.com - 16 Maret 2024

Presiden petahana Vladimir Putin. (Foto: Pavel Byrkin/Kantor Pers dan Informasi Kepresidenan Rusia/TASS)
Presiden petahana Vladimir Putin. (Foto: Pavel Byrkin/Kantor Pers dan Informasi Kepresidenan Rusia/TASS)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan hak suaranya dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 secara online dari kantor kepresidenan. 

Dilansir dari kantor berita TASS, Sabtu (16/3/2024), rekaman video yang dipublikasikan menunjukkan Putin berjalan menuju komputer di kantornya di Kremlin.

Dia memberikan suaranya dan tersenyum serta melambai ke arah kamera. Monitor komputer menampilkan pemberitahuan standar untuk pemungutan suara yang sukses.

Ini bukan pertama kalinya presiden menggunakan cara pemungutan suara seperti itu. Dalam beberapa tahun terakhir, Putin memberikan suaranya secara online pada pemilihan musim gugur. 

Dan ini merupakan pertama kalinya pemungutan suara online tersedia selama pemilihan presiden (saat ini tersedia di sekitar sepertiga wilayah Rusia). Dewan Federasi Rusia, atau majelis tinggi parlemen, secara resmi menetapkan 17 Maret 2024 sebagai hari pemilihan presiden. 

Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia (CEC) mengumumkan pemungutan suara akan berlangsung selama tiga hari pada 15-17 Maret. Selain Presiden Vladimir Putin, yang mencalonkan diri sebagai kandidat independen, ada juga kandidat lain yang menjadi sainganya dalam menduduki jabatan puncak di Negera Beruang Merah itu.

Yakni calon dari Partai Rakyat Baru (New People Party/NPP) Vladislav Davankov. Kemudian, calon dari Partai Demokrat Liberal Rusia (Liberal Democratic Party of Russia/LDPR) Leonid Slutsky, dan calon dari Partai Komunis Federasi Rusia (Communist Party of the Russian Federation/CPRF) Nikolay Kharitonov.  

Putin diprediksi akan menang mudah dalam pilpres 2024 yang berlangsung di berbagai wilayah Rusia tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])