Pertama! Pejabat Tinggi Rusia Kunjungi Wilayah Perang Ukraina

Nusantaratv.com - 09 Mei 2022

Pasukan Rusia. (Net)
Pasukan Rusia. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Wakil Perdana Menteri (PM) Rusia, Marat Khusnullin mengunjungi wilayah Ukraina, Mariupol, pada Minggu (8/5/2022). Khusnullin menjadi pejabat Rusia paling tinggi dan senior pertama yang mengunjungi Ukraina sejak Moskow melancarkan invasi.

Kunjungan Khusnullin berlangsung kala gempuran Rusia di wilayah timur Ukraina terus menggila. Lawatannya juga berlangsung saat Rusia mengklaim sudah menguasai hampir seluruh wilayah Mariupol, kota pelabuhan strategis di tenggara Ukraina.

"Saya mengunjungi wilayah pembebasan DNR (Republik Rakyat Donetsk) dan LNR (Republik Rakyat Luhansk). Saya juga mengunjungi Mariupol, Volnovakha, Luhansk, dan kota-kota lain, dan mengobrol dengan penduduk setempat," ujar Khusnullin melalui Telegram. 

Ia pun mengklaim di wilayah yang ia kunjungi pemulihan kehidupan damai sedang dimulai.

"Banyak pekerjaan yang harus kami lakukan. Kami akan membantu. Secara khusus, perlu untuk melakukan pekerjaan skala besar untuk memberikan bantuan kemanusiaan," jelasnya.

Sebuah video memperlihatkan Khusnullin bertemu dengan Denis Pushilin, pemimpin Republik Rakyat Donetsk yaitu kelompok separatis pro-Rusia yang selama ini menguasai Donetsk.

Sementara, mengutip CNN, Penasihat Wali Kota Ukraina terpilih Mariupol, Petro Andrushenko, mengecam lawatan Khsunullin.

"Selain penjarahan yang dangkal, kunjungan semacam itu semakin memperjelas upaya untuk mengintegrasikan wilayah pendudukan Rusia secara langsung (di Ukraina)," ujar Andrushenko. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])