Persiapan Jasa Marga Hadapi Arus Balik Lebaran

Nusantaratv.com - 13 April 2024

Sejumlah kendaraan memasuki lajur contraflow di Ruas Tol Jagorawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2024). (Foto: ANTARA)
Sejumlah kendaraan memasuki lajur contraflow di Ruas Tol Jagorawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2024). (Foto: ANTARA)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) mengambil langkah untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang diperkirakan terjadi saat puncak arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah di sejumlah ruas tol Trans Jawa.

Direktur Bisnis PT Jasamarga Transjawa Tol, Pratomo Bimawan Putra, menyatakan, "Lonjakan volume kendaraan pada periode arus balik berpotensi cukup tinggi mengingat volume lalu lintas pada periode arus mudik dari H-7 hingga H+2 meningkat 198,61 persen dari lalu lintas normal di Gerbang Tol Cikampek Utama."

PT JTT memastikan seluruh gardu beroperasi 100 persen, termasuk mengoptimalkan gardu miring atau Oblique Approach Booth (OAB), serta menyiagakan pembaca kartu bergerak atau Mobile Reader (MR). Langkah preventif juga dilakukan pada layanan preservasi dengan membersihkan drainase, menyiagakan pompa untuk mengantisipasi genangan, dan tim pemeliharaan yang siaga mengantisipasi kendala perjalanan seperti lubang.

Selain itu, layanan pendukung seperti rest area dipastikan dapat menyediakan fasilitas terbaik termasuk air bersih, toilet, dan ketersediaan BBM, sementara manajemen arus lalu lintas juga menjadi fokus penting.

"Kami terus berupaya melakukan optimalisasi teknologi seperti pemanfaatan wadah sistem transportasi cerdas atau platform Intelligent Transport System, dan pengoperasian rambu kontrol jalur (lane control signal) untuk mendukung rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan oleh Kepolisian," tambahnya.

PT JTT juga mendukung kebijakan pembatasan operasional kendaraan angkutan barang di jalan tol sesuai dengan diskresi Kepolisian dan pemangku kepentingan terkait, sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Direktur Jenderal Bina Marga.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close