Peringati May Day, 100 Ribu Buruh akan Unjuk Rasa di DPR pada 14 Mei 2022

Nusantaratv.com - 06 Mei 2022

Ilustrasi aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI/ist
Ilustrasi aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Para buruh akan tetap menggelar aksi unjuk rasa dalam memperingati Hari Buruh atau May Day yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2022 lalu. Diputuskan demonstrasi digeser waktunya lantaran tanggal 1 Mei sudah mendekati Lebaran dan para buruh harus mudik. 

Rencananya, Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia akan menggelar aksi dalam perayaan Hari Buruh atau May Day pada 14 Mei 2022. Aksi ini akan difokuskan di dua tempat yakni DPR dan Istora Senayan.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, aksi akan digelar di depan DPR pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Aksi ini akan diikuti sekitar 100 ribu buruh.

"Jam 10 sampai jam 12 aksi di depan DPR RI dihadiri kurang lebih 100 ribu buruh se-Jabodetabek," katanya Said Iqbal, Kamis (5/5/2022).

Perayaan May Day kemudian dilanjutkan di Istora Senayan. Acara ini rencananya akan dihadiri sekitar 50-60 ribu buruh.

Baca juga: Jelang Lebaran Buruh Tetap Demo Peringati May Day, Polda Metro: Tidak Banyak yang akan Turun

Perayaan May Day di Istora Senayan rencananya dilakukan pada pukul 13.00 hingga 18.00 WIB.

"Barulah pada jam 1, jam 13.00 hingga jam 18.00 dilakukan May Day Fiesta di Istora Senayan yang tentu jumlahnya terpaksa harus kami kurangi sekitar menjadi 50 hingga 60 ribu orang," katanya, mengutip detikcom.

Iqbal menyadari, tidak seluruh buruh yang ikut aksi akan bisa tertampung di dalam Istora Senayan. Pasalnya, Istora Senayan bagian dalam hanya muat 15 ribu orang. Namun, di selasar kiri-kanan akan muat 5 ribu orang.

"Dan kemudian di lapangan parkir Istora Senayan sendiri, tapi masih di dalam pagar atau area Istora Senayan akan kami gelar juga karpet, tenda dan juga videotron itu juga ada puluhan ribu buruh di situ," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])