Peneliti Belanda Identifikasi Varian Virus HIV yang Sangat Mematikan

Nusantaratv.com - 04 Februari 2022

Ilustrasi HIV. (Istimewa)
Ilustrasi HIV. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Para peneliti di Belanda telah mengidentifikasi varian virus HIV yang sangat mematikan yang telah beredar di negara Eropa sejak 1990-an, kata mereka dalam analisis yang diterbitkan pada Kamis (3/2/2022) oleh jurnal Science.

Berdasarkan sampel darah yang dikumpulkan dari 109 orang dewasa yang terinfeksi di negara itu, mereka yang memiliki strain punya tingkat virus hampir enam kali lipat lebih tinggi dalam sistem mereka dibandingkan orang dengan bentuk lain, data menunjukkan.

Peneliti mengatakan mereka juga memiliki tingkat antibodi yang lebih rendah terhadap virus dan meningkatkan 'infektivitas', yang berarti mereka memiliki lebih banyak virus dalam sistem mereka dan mungkin lebih mungkin menyebarkannya ke orang lain.

"Virus dapat dan memang berevolusi menjadi lebih ganas, bahkan virus yang telah menginfeksi manusia selama lebih dari satu abad," kata pakar penyakit menular Joel Wertheim, yang menulis komentar tentang temuan tersebut, seperti dikutip dari UPI, Jumat (4/2/2022).

"Meskipun varian ini tampak lebih mematikan dan dapat ditularkan, pendekatan pengujian kesehatan masyarakat yang sama, keterkaitan dengan perawatan dan penyediaan obat antiretroviral yang cepat masih merupakan pilihan terbaik kami," lanjut Wertheim, yang juga asisten profesor di Universitas California-San Diego.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 38 juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi HIV. Meskipun jumlah infeksi HIV jenis baru di Amerika Serikat (AS) telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, sekitar 35.000 orang di seluruh negeri dites positif setiap tahun, menurut perkiraan HIV.gov

HIV.gov adalah situs yang menyediakan akses ke informasi HIV dan AIDS pemerintah AS yang berasal dari puluhan lembaga. Para peneliti Belanda mengidentifikasi 109 orang dengan 'jenis berbeda' HIV yang mereka sebut 'varian subtipe-B HIV-1 VB' di antara lebih dari 6.600 peserta dalam studi nasional yang sedang berlangsung tentang virus dan dampaknya.

Peneliti menjelaskan pada saat orang-orang dalam penelitian ini didiagnosis, mereka rentan untuk mengembangkan AIDS dalam waktu dua sampai tiga tahun. Ini adalah perkembangan yang lebih cepat daripada apa yang terlihat dengan jenis HIV lainnya, yang biasanya memakan waktu hingga 10 tahun untuk berkembang menjadi AIDS, dengan asumsi orang yang terinfeksi tidak menerima pengobatan, menurut HIV.gov.

Namun, jenis baru tidak selalu menimbulkan 'krisis kesehatan masyarakat', mengingat masih merespon pengobatan yang tersedia saat ini dan tampaknya tidak melemahkan efektivitas profilaksis pra pajanan, atau PrPP, obat yang dirancang untuk mencegah infeksi, kata Wertheim.

"Saya tidak terlalu khawatir tentang dampak ini, atau varian serupa, membatalkan pekerjaan untuk mengakhiri epidemi di AS," ungkapnya kepada UPI.

"Varian yang dicirikan dalam penelitian baru ini merespon seperti jenis HIV lainnya terhadap terapi antiretroviral, dan saya berharap PrPP akan efektif terhadap varian ini juga," tukas Wertheim.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])