Pemprov Kalimantan Selatan akan Gelar Mudik Gratis untuk ASN

Nusantaratv.com - 27 April 2022

Ilustrasi para pemudik/ist
Ilustrasi para pemudik/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menyiapkan fasilitas Mudik Gratis bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan berlebaran di kampung halaman.

Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan fasilitas armada mudik berupa bus tersebut sedang disiapkan. 

"Kalau nanti memang memungkinkan fasilitas mudik berupa bus, kami siapkan," ujar Roy Rizali Anwar, Rabu (27/4/2022).

Roy menjelaskan aturan mudik bagi ASN hingga kini masih belum keluar. Ia memperkirakan, aturan nanti sama dengan tahun sebelumnya sebelum pandemi.

"Prinsipnya, pemudik tetap menerapkan protokol kesehatan dan menyiapkan tempat tinggal sebelum tinggal agar tidak terjadi yang tak diinginkan," kata Roy.

Roy mengingatkan agar ASN yang ingin mudik bisa mencontohkan penerapan protokol kesehatan yang baik selama arus mudik dan balik kepada masyarakat. 

"Mudik boleh, tapi contohkan yang baik dengan penerapan protokol kesehatan dan kembali masuk bekerja tepat waktu," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kalse H Supian HK, mengatakan, kebijakan pemerintah pusat yang membolehkan mudik termasuk bagi ASN dari sisi ekonomi membawa pengaruh bagi daerah.

Menurutnya, pemudik saat pulang akan membawa uang untuk dibelanjakan di daerah atau kampung halaman.

"Dengan mudik Lebaran ini, tentu membawa pengaruh ekonomi di daerah, antara lain meningkatkan perekonomian daerah karena terjadinya perputaran uang selama mudik tersebut," ujar Supian.

Supian mencontoh pada PAD DKI Jakarta yang melonjak hingga Rp 70 triliun.

"Karena selama ini salah satu sumber pendapatannya berasal dari uang daerah. Uang tersebut dibawa dari daerah yang kemudian dibelanjakan di Jakarta," tukas Supian. (dari berbagai sumber)


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])