Pemkab Mukomuko Targetkan 20 Warga Ikuti KB Jenis MOW

Nusantaratv.com - 09 Februari 2023

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Mukomuko menjalin kerja sama program KB dengan RSIA Al Barra, Kamis (9/2/2023) ANTARA/HO-Istimewa.
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Mukomuko menjalin kerja sama program KB dengan RSIA Al Barra, Kamis (9/2/2023) ANTARA/HO-Istimewa.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Bengkulu, pada tahun 2023 menargetkan 20 perempuan di daerah ini mengikuti KB dengan jenis Medis Operasi Wanita (MOW) untuk memastikan pengendalian penduduk di daerah itu.

"Tahun ini kami targetkan sebanyak 20 warga yang mengikuti KB jenis MOW," kata Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Mukomuko Andi Sutrisno di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya bekerja sama dengan 17 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di kabupaten tersebut  untuk menyiapkan 20 orang warga yang menjadi sasaran program KB jenis MOW.

Selanjutnya, katanya, instansinya yang menentukan jadwal operasi terhadap warga yang mengikuti KB jenis MOW.

Ia mengatakan pelaksanaan operasi bagi 20 warga yang mengikuti KB dengan jenis MOW ini saat momen hari besar, seperti hari ulang tahun Mukomuko dan momen hari besar lainnya.

Ia menyebutkan ada tiga fasilitas kesehatan yang melayani program KB dengan jenis MOW yakni RSUD Mukomuko, Rumah Sakit Ibu dan Anak Al Barra, dan rumah sakit di Kota Bengkulu.

"Kita sudah membuat perjanjian kerja sama dengan tiga fasilitas kesehatan ini, selanjutnya mereka yang memberikan pelayanan warga yang mengikuti KB jenis MOW," ujarnya.

Sementara itu, katanya, pemerintah daerah setempat mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membiayai 20 warga yang mengikuti KB jenis MOW, seperti jasa medis dan transportasi warga yang mengikuti KB.

Ia menyebutkan DAK tersebut untuk jasa medis Rp2 juta dan pengganti biaya hidup setiap akseptor Rp300.000 atau Rp100.000 per hari selama tiga hari.

Kabupaten Mukomuko mendapatkan DAK selain untuk biaya 20 warga yang ikut KB jenis MOW, termasuk pemasangan Implant untuk 40 warga, IUD 10 akseptor, untuk pencabutan Implant 40 akseptor.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])