Pemkab Banggai Kepulauan Gandeng Unhas Kembangkan Potensi Rumput Laut

Nusantaratv.com - 09 Februari 2023

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir (kiri), Rektor Unhas Makassar Jamaluddin Jompa (kanan) foto bersama sambil memperlihatkan naskah MoU yang ditandatangani dua belah pihak. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)
Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir (kiri), Rektor Unhas Makassar Jamaluddin Jompa (kanan) foto bersama sambil memperlihatkan naskah MoU yang ditandatangani dua belah pihak. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, menggandeng Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, untuk bersama - sama melakukan kajian potensi pengembangan rumput laut di daerah tersebut.

"Kerja sama ini dalam rangka mendukung pengembangan budidaya dan produksi rumput laut Kabupaten Banggai Kepulauan," kata Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir, dihubungi dari Palu, Kamis.

Pendatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Bangkep dengan Unhas Makassar telah dilakukan pada Senin 16 Januari 2023. Nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Bupati Bangkep Ihsan Basir dan Rektor Unhas Makassar Profesor Jamaluddin Jompa.

Menurut Ihsan Basir pengembangan budidaya dan produksi rumput laut harus dilakukan diawali dengan riset atau kajian yang mencakup sektor hulu dan hilir.

"Selanjutnya dokumen hasil kajian menjadi landasan pemerintah dalam mengambil kebijakan intervensi pengembangan. Sehingga intervensi pengembangan yang dilakukan benar - benar tepat sasaran," ungkapnya.

Salah satu satu potensi sektor kelautan yaitu adanya rumput laut, yang sekaligus menjadikan Banggai Kepulauan sebagai salah satu daerah penghasil rumput laut terbesar.

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng bahwa Kabupaten Banggai Kepulauan menjadi kabupaten yang produksi rumput laut sangat tinggi mencapai 800.000 ton per tahun.

Atas potensi ini, Pemprov Sulteng menjadikan Kabupaten Banggai Kepulauan masuk dalam pengembangan kawasan industri kelautan dan perikanan halal.

Ia menambahkan pengelolaan sektor unggulan daerah meliputi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan menjadi prioritas yang masuk dalam agenda pembangunan.

"Iya, sektor unggulan ini diprioritaskan untuk percepatan pembangunan ekonomi masyarakat dan daerah," kata Ihsan Basir.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])