Pemkab Balangan Gratiskan Pasang Instalasi PDAM bagi 1.000 Warga

Nusantaratv.com - 09 Februari 2023

Mesin pengelolaan air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Balangan, Kalimantan Selatan. ANTARA/Roly Supriadi
Mesin pengelolaan air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Balangan, Kalimantan Selatan. ANTARA/Roly Supriadi

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menggratiskan pemasangan sumber air dari perusahaan daerah air minum (PDAM) kepada 1.000 warga secara bertahap selama 2023.

"Pada tahap awal ini pemerintah daerah membuka program pemasangan sambungan rumah gratis selama 2023 bagi warga yang belum terlayani air PDAM Balangan," kata Bupati Balangan Abdul Hadi di Paringin, Rabu (8/2).

Melalui pemasangan sambungan gratis, Abdul Hadi berharap warga dapat menikmati air bersih dari PDAM serta masyarakat juga punya kewajiban untuk membayar pemakaian air tepat waktu.

Direktur PDAM Balangan Arie Widodo menuturkan bahwa program pemasangan sambungan PDAM secara gratis ini adalah program baru yang bersinergi dengan pemerintah daerah untuk investasi menambah pelanggan.

Arie menjelaskan bahwa program tanpa bayaran tersebut untuk warga yang berpenghasilan cukup, sedang, dan mampu karena memang program tersebut untuk menambah investasi dari PDAM dan PAD.

Untuk pendaftaran, kata Arie, sudah dibuka sejak 2 hari yang lalu dan dari 1.000 sambungan rumah akan dibagi secara bertahap selama 2023.

"Periode Maret sampai Juni itu akan dipasang 300 sambungan, kemudian pada bulan Juli sampai September juga sama, lalu pada bulan Oktober hingga Desember sebanyak 400 sambungan," ungkap Arie.

Arie mengajak masyarakat yang berminat bisa datang langsung ke kantor PDAM induk di seberang Kantor Kecamatan Paringin dengan melengkapi berkas persyaratan, kemudian petugas PDAM yang akan memverifikasi di lapangan.

Berdasarkan perhitungan BPKP, kata dia, terdapat 58 persen masyarakat Balangan yang belum menikmati air bersih. Dalam hal ini, pihaknya bersama pemda mengusahakan dengan melakukan pemasangan PDAM gratis kepada warga.

Diketahui bahwa pemasangan sambungan PDAM gratis sendiri kuotanya akan dibagi untuk beberapa kecamatan dan yang diutamakan untuk masyarakat yang dibuktikan dengan KTP asli Balangan.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])