Patung Dewi Kuno ditemukan Petani di Jalur Gaza

Nusantaratv.com - 27 April 2022

Patung batu yang baru ditemukan berusia lebih dari 4.500 tahun yang menggambarkan wajah dewi kuno, ditampilkan selama konferensi pers di Kementerian Purbakala dan Pariwisata di Kota Gaza. (AFP)
Patung batu yang baru ditemukan berusia lebih dari 4.500 tahun yang menggambarkan wajah dewi kuno, ditampilkan selama konferensi pers di Kementerian Purbakala dan Pariwisata di Kota Gaza. (AFP)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Seorang petani Palestina menemukan patung batu langka berusia 4.500 tahun saat mengolah tanahnya di Jalur Gaza selatan, sepeprti yang diumumkan oleh otoritas Hamas yang berkuasa pada Senin (25/04/2022).

Kementerian Pariwisata dan Purbakala mengatakan kepala batu kapur setinggi 22 sentimeter (6,7 inci) yang ditemukan itu diyakini mewakili dewi Kanaan Anat dan diperkirakan berasal dari sekitar 2.500 SM, seperti yang dikutip dari Al Arabiya, Rabu (27/04/2022).

“Anat adalah kebaikan cinta, keindahan, dan perang dalam mitologi Kanaan,” kata Jamal Abu Rida, direktur kementerian, dalam sebuah pernyataan.

Di laut Mediterania, Gaza, banyak ditemukan harta benda antik dan situs arkeologi karena merupakan jalur darat utama yang menghubungkan peradaban kuno di Mesir, Levant dan Mesopotamia.

Tetapi barang-barang antik yang ditemukan sering kali menghilang seiring dengan dilakukannya pembangunan perumahan yang lebih diprioritaskan dibanding pelestarian situs arkeologi. Pembangunan perumahan dibutuhkan untuk menampung 2,3 juta orang yang memadati wilayah penduduk.

Pada tahun 2017, kelompok militan Hamas, yang telah menguasai Jalur Gaza, menghancurkan sebagian besar pemukiman Kanaan yang langka untuk membangun perumahan bagi karyawannya sendiri.

Dan sampai saat ini, patung dewa Yunani Apollo seukuran aslinya yang muncul pada tahun 2013 dan kemudian menghilang masih belum ditemukan.

Pada bulan Januari, buldoser yang menggali untuk proyek perumahan yang didanai Mesir menemukan reruntuhan makam yang berasal dari era Romawi. (Annissya Chusnul Khotimah)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])