Pasca Libur Lebaran 2022, Tiga Proyek Jembatan Besar di Kalimantan Selatan Siap Dikerjakan

Nusantaratv.com - 05 Mei 2022

Pembangunan jembatan di Kalsel/ist
Pembangunan jembatan di Kalsel/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Pasca libur Lebaran 2022, tiga proyek jembatan besar di Kalimantan Selatan (Kalsel) siap dikerjakan. Ketiga jembatan tersebut berada di ruas Jalan Trans Kalimantan wilayah Kalsel. Karena itu akan dilakukan penutupan jalan.

Tiga jembatan yang akan diperbaiki tersebut yakni di ruas Jalan Gubernur Syarkawi Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Jalan A Yani di Lianganggang Kota Banjarbaru dan Jalan A Yani Kota Martapura Kabupaten Banjar.

Kepala BPJN  Kalsel, Sauqi Kamal, Kamis (5/5/2022), mengatakan, proyek jembatan sudah mulai persiapan sejak beberapa bulan lalu. Namun untuk penutupan akses jembatan akan dimulai setelah libur Lebaran 2022.

Sauqi mengakui pengerjaan jembatan tersebut pasti berdampak pada arus lalu lintas. Karena itulah, penutupan jembatan diputuskan setelah libur Lebaran.

"Penutupan jalan akan kami mulai setelah libur Lebaran. Karena saat libur Lebaran, masyarakat akan lebih banyak melakukan perjalanan. Tapi untuk akses alternatif dengan jembatan bailey, sudah disiapkan," katanya.

Pertama, jembatan di Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, sudah siap jembatan bailey-nya untuk akses saat dilakukan penutupan jalan.

Pada Jembatan tersebut akan dilakukan pergantian lantai, lantaran kini sudah dalam kondisi keropos dan berlubang. Perbaikan memakan waktu cukup lama, sekitar 3,5 bulan sampai minggu ke-2 Juni 2022.

Kedua, di Lianganggang Kota Banjarbaru, yakni penggantian jembatan konstruksi kayu. Nantinya girder beton 16 meter dan lebar 11 meter dengan masa pengerjaan enam bulan. Jembatan bailey juga disiapkan.

Ketiga, jembatan besar di dekat Ponpes Darussalam di Kota Martapura, dibongkar untuk diganti baru. Tidak dibangun jembatan darurat atau bailey-nya karena memanfaatkan jembatan kembarannya, mengutip tribunnewscom.

Jembatan tersebut merupakan tipe Callender Hamilton (CH) yang dibangun pada pertengahan 1979 atau sekitar 40 tahun lalu dan menjadi program Kementerian PUPR untuk diganti tahun ini.

Direncanakan pengerjaan di jembatan kembar itu hingga 28 Desember 2022 oleh kontraktor PT Indonesia Utama Abadi dengan anggaran pengerjaan Rp 19 miliar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])