Panglima TNI-Kapolri Siap Kawal Pemilu Damai

Nusantaratv.com - 05 Desember 2023

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima kunjungan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Mabes Polri. Kapolri siap memperkuat sinergitas TNI-Polri guna mengawal berbagai tugas penting.

Salah satu tugas yang harus dikawal TNI-Polri yaitu Pemilu 2024. Kapolri mau memastikan Pemilu berjalan aman dan lancar di tengah munculnya isu ketidaknetralan aparat.

"Yang pertama bagaimana mengawal agar Pemilu berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Sehingga tentunya beberapa hal nanti kita bicarakan karena tentunya di tengah isu masalah ketidaknetralan, namun di sisi lain tentunya Polri bersama TNI harus turun di lapangan karena kita ingin memastikan bahwa yang namanya kegiatan tahapan Pemilu distribusinya," ujar Kapolri dalam jumpa pers usai pertemuan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023).

Sigit mengatakan pengamanan dilakukan dari mulai kampanye hingga pencoblosan di TPS. Selain itu, Polri juga dikerahkan untuk mengantisipasi jika ada sengketa Pemilu yang melibatkan banyak pihak.

"Kemudian pelaksanaan kampanyenya sampai dengan kegiatan di TPS nanti, pengawalan rekap menghadapi sengketa-sengketa yang ada semuanya bisa berjalan dengan aman dan damai di tengah perbedaan pendapat, di tengah perbedaan pilihan dan itu bagian dari demokrasi dan tugas kita mengawal agar demokrasi dapat berjalan dengan baik," kata Kapolri.

Poin kedua yang disampaikan Kapolri yaitu persiapan menghadapi cuaca ekstrem. Kapolri mengatakan TNI-Polri siap hadir untuk hadir di tengah masyarakat saat becanda melanda.

"Dan kita lihat hujannya lumayan ekstrim dan kita juga diskusi untuk bagaimana kita bisa bergerak cepat wilayah wilayah-wilayah yang terdampak bencana, TNI-Polri hadir sebagai representasi negara dan itu juga tadi kita diskusikan," kata Kapolri.

Sigit juga mendiskusikan mengenai sinergitas TNI-Polri menangani masalah di Papua. Selain itu, Kapolri dan Panglima TNI juga membahas latihan dan pendidikan bersama agar berjalan lancar.

"Saya kira bagaimana sinergitas ke depan semakin baik dalam pendidikan-pendidikan kita di dalam latihan latihan kita sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik mungkin," tuturnya. 

Pernyataan senada juga disampaikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Agus mengatakan TNI dan Polri siap sinergi menghadapi Pemilu damai.

"Pertama tentang, sinergitas dalam menghadapi Pemilu damai. Jadi kita sudah membuat deklarasi Pemilu damai di setiap wilayah di seluruh Indonesia," kata Panglima.

Panglima mengatakan bakal ada patroli bersama antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mengawal Pemilu 2024. Tujuannya untuk memastikan Pemilu berjalan lancar dan aman.

"Kemudian tadi juga dibahas adanya nanti patroli bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas sampai ke level Kapolres, Polda. Kita bersama-sama sinergitas tujuannya agar Pemilu 2024 berjalan lancar aman sesuai waktu yang ditentukan," tandas Panglima.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])