Pangkoopsudnas: TNI AU - RAAF Tingkatkan Pengetahuan dan Taktik Perang Udara Dalam Latma Elang Ausindo 2023

Nusantaratv.com - 28 September 2023

Latihan Bersama Ausindo.
Latihan Bersama Ausindo.

Penulis: Saifal Ode

Nusantaratv.com - TNI Angkatan Udara dan Royal Australian Air Force (RAAF) telah dapat meningkatkan pengetahuan serta taktik perang udara modern, baik Within Visual Range (WVR) maupun Beyond Visual Range (BVR), dan dapat melaksanakan interoperabilitas dengan baik dalam Latihan Bersama (Latma) elang Ausindo 2023.

Demikian yang disampaikan Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., saat menutup Latma Elang Ausindo 2023 bersama Air Commander Australia (ACAUST) Air Vice Marshal Glen Braz AM, CSC, DSM., di VIP Room Pemda Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Rabu (27/9/2023).

Penutupan latihan bersama ditandai dengan pelepasan patch Latma Elang Ausindo kepada perwakilan penerbang F-16 TNI AU dan F-35 RAAF yang turut dihadiri Pangkoopsud II Marsda TNI Andi Kustoro, S.E., M.M., Waasops Kasau Marsma TNI Suliono, S.Sos., Asops Kaskoopsudnas Marsma TNI Ian Fuady, Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib, S.E., M.M., Atase Udara Australia Group Captain Ken Bowes, pejabat Komando Latihan (Kolat), dan peserta Latma Elang Ausindo.

Pangkoopsudnas mengatakan bahwa Latma Elang Ausindo 2023 merupakan kerja sama yang erat antara TNI AU dan RAAF yang bertujuan meningkatkan kemampuan kedua negara dalam operasi udara. Selanjutnya, disampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung rangkaian latihan bersama, baik dari TNI AU, RAAF, Angkasa Pura, Airnav, Pemprov Sulawesi Utara, Pemkot Manado, dan lain sebagainya.

Harapannya melalui latihan ini dapat memperkuat hubungan bilateral dan rasa saling percaya antara Indonesia - Australia di bidang pertahanan serta keamanan dalam rangka menjaga stabilitas juga menjawab tantangan keamanan di masa mendatang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])