Otto Hasibuan Lantik Pengurus DPC dan PBH PERADI Jaktim Periode 2022-2027

Nusantaratv.com - 09 Maret 2023

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI), Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M, bersama pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pos Bantuan Hukum (PBH) PERADI wilayah Jakarta Timur/Nusantaratv.com
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI), Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M, bersama pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pos Bantuan Hukum (PBH) PERADI wilayah Jakarta Timur/Nusantaratv.com

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI), Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M, melantik pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pos Bantuan Hukum (PBH) PERADI wilayah Jakarta Timur periode 2022-2027 di Puri Ardya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (8/3/2023).

Usai melantik dan mengambil sumpah pengurus dan anggota DPC juga PBH PERADI Jakarta Timur periode 2022-2027, Otto Hasibuan mengatakan harapannya jika seluruh jajaran pengurus dan anggota dapat segera menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. 

"Hari ini kita melantik pengurus baru DPC PERADI Jakarta Timur sekaligus Pos Bantuan Hukum (PBH) PERADI Jakarta Timur. Dengan pelantikan ini kita berharap PERADI Jakarta Timur dapat menjalankan tugas-tuganya dengan baik." ujar Otto Hasibuan ditemui usai pelantikan dan pengambilan sumpah di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Pada kesempatan itu, Otto juga menyambut baik dengan pelantikan pengurus PBH. Menurutnya, PBH PERADI Jakarra Timur dapat memberi bantuan hukum kepada masyarakat kurang mampu di wilayah Jakarta Timur secara cuma-cuma. 

"Terutama PBH ini kita harapkan para advokat bisa memberi bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat yang tidak mampu. Itu yang saya harapkan dengan pelantikan ini." lanjut Otto Hasibuan.

Dengan telah dilantiknya pengurus baru DPC PERADI Jakarta Timur, Otto Hasibuan tak menampik jika organisasi advokat yang dibentuknya, semakin hari semakin bertambah jumlah cabangnya serta juga memiliki kualitas dalam menjalankan materi sidang Pro Bono atau bantuan hukum secara cuma-cuma.  

"Kita memiliki 167 cabang. Kita targetkan 200 cabang akan dibentuk di seluruh Indonesia. Dari sisi kualitas banyak cabang PERADI yang mendapat awards tentang Pusat Bantuan Hukum yang menjalankan sidang Pro Bono. Kualitas mereka semakin mumpuni karena sudah berpengalaman dan yang memberi bantuan hukum sudah Advokat bukan paralegal. Jadi pelayanannya saya yakin berkualitas." tandas Otto. 

"Harapan saya setelah PERADI Jakarta Timur dibentuk, bekerjalah dan menjalankan tugas sebagai pengurus yang baik. Mereka ini pejuang-pejuang yang hebat. Saya yakin PERADI Jakarta Timur mendapatkan manfaat bagi Advokat, terutama bagi para pencari keadilan di wilayah  Jakarta Timur ini. Diharapkan dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan cita-cita tersebut." pungkas Otto Hasibuan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengambilan sumpah ketua, pengurus dan anggota DPC juga PBH PERADI. 

Muhammad Anwar mengatakan, dengan kehadiran PERADI di Jakarta Timur diharapkan dapat menjalin kerjasama dengan pihaknya, serta dapat juga memberikan bantuan hukum kepada warga Jakarta Timur. 

"Wilayah Jakarta Timur merupakan wilayah terluas di DKI Jakarta dengan jumlah penduduknya 3 juta lebih. Semakin padat masyarakat, pasti banyak masalah hukumnya. Mudah-mudahan dengan kehadiran PERADI bisa membantu persoalan hukum warganya. Dan saya sudah berbicara dengan ketua DPC PERADI Jakarta Timur, beliau siap membantu. Bantuan tersebut sifatnya edukasi, konsultasi hukum atau sosialisasi kita bisa bekerjasama untuk memberikan materi kepada masyarakat di wilayah Jakarta Timur agar mereka sadar tentang hukum. Dan juga penyelesaian di luar pengadilan."

Ketua DPC PERADI Jakarta Timur periode 2022-2027, Johannes Tobing mengatakan bahwa pelantikan dirinya, pengurus serta anggota berdasarkan rapat pleno yang telah disepakati bersama.

"Kami bersepakat hasil dari rapat pleno bahwa rencana pelantikan harus dilakukan hari ini dan sudah selesai kami laksanakan." ujar Johannes Tobing.

Pria yang biasa disapa Bang Jo menjelaskan juga seputar konsep pelantikan DPC PERADI Jakarta Timur dengan mengusung konsep Advokat Nusantara.

"Pelantikan dan pengambilan sumpah menggunakan konsep advokat Nusantara dimana semua pengurus menggunakan pakaian adat yang berbeda-beda dari seluruh suku dan adat di Nusantara. Kenapa memakai pakaian nusantara, kami boleh berbeda satu sama lain dalam pakaian adat itu,  tetapi kami disatukan dalam satu organisasi  PERADI."

Johannes Tobing juga menyinggung soal Single Bar yang harus ia perjuangkan karena itu merupakan amanat dari Ketua Umum PERADI, Otto Hasibuan. 

"Prinsip kami bagaimana PERADI ini menjadi wadah tunggal, seperti yang selalu disampaikan Ketua Umum yaitu Single Bar." imbuhnya.

Terakhir, Johannes Tobing menyampaikan kembali pesan-pesan Ketua Umum PERADI tentang bagaimana sebaiknya dalam menjalankan roda organisasi advokat bahwa, kesabaran dan pengorbanan harus selalu diutamakan. 

"Pak Ketua Umum selalu mengajarkan kepada juniornya harus selalu sabar, harus mempunyai jiwa yang tenang, mau berkorban, bahkan mau mengeluarkan uangnya demi kemajuan PERADI. Terpenting satu yang disampaikan pak Otto, bahwa kalau kamu berhasil, belum tentu dipuji, tetapi kalau kamu ada kesalahan, semua mencaci maki kamu. Maka saya sebagai ketua PERADI DPC Jakarta Timur yang juga kaum milineal, bersyukur ada senior-senior saya. Kami bersinergi. Kekuatan kami yang muda dan senior untuk memajukan PERADI sebagaimana yang disampaikan Ketua Umum."

"Harapan kami, bagaimana program-program yang sudah kami jalankan untuk masa bakti 2022-2027 bisa dilaksanakan. Yang terpenting pekerjaan ini berimplikasi langsung kepada masyarakat Jakarta Timur." tutup Johannes Tobing.  

Hadir dalam pelantikan DPC dan PBH PERADI Jakarta Timur antara lain, 

Ketua Harian/Wakil Ketua Umum R.Dwiyanto Prihartono , Sekretaris Jenderal H.Hermansyah Dulaimi, Bendahara Umum Nyana Wangsa, Ketua Dewan Kehormatan Pusat/ Ketua Umum IKADIN Adardam Achyar, Sekretaris Komisi Pengawas Ika Rahmawati, Ketua Pusat Bantuan Hukum PERADI Suhendra Asido Hutabarat, Ketua DKD DKI Jakarta Rivai Kusumanegara, Para Wakil Ketua Umum, Para Wakil Sekjen dan Ketua- Ketua DPC di Jakarta maupun dari daerah. 

Dalam kesempatan ini dilaksanakan pula Pelantikan Komisi Pengawas Daerah (Komwasda) Jakarta Timur. 

Turut hadir sejumlah pejabat, anggota Komisi 3 DPR,
Direskrimun, Kapolres Jakarta Timur Kombes Budi Sartono, Kejari Jaktim, Dandim 0505 Jaktim, Kasie Intel, Anggota DPRD DKI Jakarta dan masih banyak lainnya.***

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])