Nusantara TV Kedatangan Puluhan Anak SMK dari Rembang, Ada Apa?

Nusantaratv.com - 07 Juni 2023

Siswi SMK Anuroniyah, Rembang, Jawa Tengah lakukan media visit ke NTV/Nusantaratv.com
Siswi SMK Anuroniyah, Rembang, Jawa Tengah lakukan media visit ke NTV/Nusantaratv.com

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Stasiun televisi swasta digital pertama di Indonesia, Nusantara TV (NTV) mendadak didatangi puluhan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari Rembang, Jawa Tengah.

Ya, sedikitnya 46 siswi dari SMK Annuroniyah Sulang, Rembang, Jawa Tengah, rupanya berkunjung ke NTV dalam rangka melaksanakan Kunjungan Industri yang merupakan kegiatan rutin tahunan pihak sekolah. 

Para siswi SMK Annuroniyah Sulang yang didampingi oleh enam guru pembimbing mereka di NTV disambut oleh jajaran NTV antara lain, Rubi Matondang (Divisi News), Merdiningsih (Divisi Programming), Igun (Divisi Produksi) dan Edison Siregar (Divisi Portal).

Pada kesempatan itu, para siswi SMK Annuroniyah Sulang mendapatkan penjelasan mengenai seluk beluk dunia penyiaran digital serta dunia media online.

Dari sisi pemberitaan, para siswi mendapatkan informasi seputar program-program news NTV dari Rubi Matondang. Lalu untuk pengetahuan dunia programming NTV, para siswi banyak mengetahui hal itu dari Merdiningsih. 

Selain itu, para siswi SMK Annuroniyah Sulang juga memperoleh pengetahuan seputar dunia produksi NTV dari Igun, yang menjelaskan seputar produksi apa saja yang dihasilkan NTV. 

Melengkapi khasanah serta pengetahuan siswi, mereka juga mendapatkan pembekalan dari Edison Siregar yang bertanggungjawab terhadap portal Nusantaratv.com dan Sahabat.com.

Mereka tampak antusias mendengarkan penjelasan mengenai dunia kerja di broadcast, khususnya di NTV, juga portal Nusantaratv.com serta Sahabat.com. 

Hal itu terlihat ketika sejumlah siswi melontarkan pertanyaan dan langsung mendapatkan jawaban dari jajaran NTV serta divisi portal. 

Guru Kejuruan Desain Komunikasi Visual (DKP) SMK Annuroniyah Sulang, Kasanudin menjelaskan perihal alasan pihak sekolahnya sengaja memilih NTV sebagai kunjungan industri SMK Annuroniyah Sulang, Rembang.

"Mengapa kami memilih NTV karena ada kecocokan dengan jurusan yang ada di sekolah kami. Sehingga sesuai dengan minat yang dimiliki oleh para siswi." ujar Kasanudin di gedung NTV, Rabu (7/6/2023).

Alasan lain dikemukakan Kasanudin mengapa pihaknya melakukan kunjungan industri ke NTV, karena di wilayah Rembang belum ada stasiun televisi. 

 "Sehingga kami jadi tahu bagaimana produksinya seperti apa, tim yang terlibat berapa orang dan berapa lama proses produksi tersebut. Jadi dengan begitu kami mendapatkan ilmu dan materi sehingga bisa memotivasi anak-anak dalam belajar dan bekerja." lanjutnya. 

Terakhir Kasanudin mengatakan bahwa usai melakukan kunjungan industri ke NTV, para siswi diharapkan bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai dunia kerja, baik di televisi maupun media online.

"Harapannya untuk meningkatkan motivasi anak, kalau dunia kerja dalam jurusan kami, khususnya DKP itu peluangnya masih banyak." pungkas Kasanudin.

Devi purwanti dan Febry Dwi Lestari, dua siswi jurusan Desain Komunikasi Visual mengaku senang dan bangga bisa melakukan kunjungan kerja ke NTV dan portal Nusantaratv.com. 

Keduanya pun tak menampik, bisa menambah ilmu, pengetahuan serta wawasan mereka terhadap jurusan yang mereka ambil.

"Kita senang dan bangga ya bisa melakukan media visit di NTV. Karena sebelumnya kita tuh memang belum tahu seperti apa dunia kerja di televisi atau media online. Setelah kita kesini, kita akhirnya jadi tahu ya seperti apa itu dunia news, produksi televisi, pembuatan produksi televisi, pengaturan jadwal penayangan televisi atau bagaimana membuat sebuah konten berita." ujar kedua siswi menutup.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])