NTV Prime: Jemaat Ortodoks Rayakan Minggu Paskah

Nusantaratv.com - 07 Mei 2024

Mengenal Hari Paskah, Jemaat Gereja Ortodoks Rayakan Minggu Paskah
Mengenal Hari Paskah, Jemaat Gereja Ortodoks Rayakan Minggu Paskah

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Paskah merupakan hari raya umat Kristiani yang memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Bagi Jemaat Gereja Ortodoks, Paskah juga dikenal sebagai Minggu Suci, periode penting yang diawali dengan Prapaskah selama 40 hari dan diakhiri dengan perayaan Paskah. 

Minggu Suci diwarnai dengan berbagai tradisi dan ritual unik yang mencerminkan kekhususan dan makna Paskah bagi Jemaat Ortodoks.

Romo Episkop Daniel dari Nikopolis menerangkan bahwa istilah "Paskah" bukan berasal dari bahasa Indonesia, melainkan dari bahasa Ibrani dan Yunani.

"Paskah itu bukan bahasa Indonesia, itu berasal dari bahasa Ibrani (Pesakh), artinya dilewati dan juga dari bahasa Yunani (Pascha), artinya penderitaan. Jadi Paskah ini kalau di dalam konteks agama Yahudi, ini memperingati Ketika bangsa Yahudi dilepaskan dari penjajahan Firaun yang dituntun oleh Nabi Musa, keluar lewat laut merah, lalu mereka menjadi umat yang baru yang bukan lagi umat jajahan," ujarnya.

Romo Episkop Daniel juga menyampaikan pesan penting tentang makna Paskah yang melampaui ranah keagamaan. Beliau mengajak umat Kristiani untuk meneladani kebangkitan Kristus.

"Supaya dengan kebangkitan Kristus ini, mereka juga ikut bangkit membantu membangun negara ini dengan kerukunan, cinta kasih antar bangsa, dan antar berbagai macam elemen dari masyarakat. Sehingga semangat dari Paskah ini bukan hanya semangat keagamaan saja, tetapi juga menjadi semangat social dan semangat cinta pada Tanah Air." 

Paskah bagi Jemaat Ortodoks bukan hanya tentang perayaan, tetapi juga momen refleksi dan penguatan iman. Kebangkitan Kristus melambangkan kemenangan atas dosa dan kematian, serta menandakan harapan akan kehidupan kekal.

Melalui tradisi dan ritual Paskah, Jemaat Ortodoks memperbarui iman mereka kepada Kristus dan merayakan kasih serta pengorbanan-Nya. Paskah menjadi pengingat akan kekuatan iman dan harapan dalam menghadapi segala rintangan dan kesulitan.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])