NTV Morning: India Gelar Pemilu Terbesar di Dunia, Diikuti 1 Miliar Orang!

Nusantaratv.com - 08 Mei 2024

Warga India antusias ingin memberikan suaranya di Pemuli 2024
Warga India antusias ingin memberikan suaranya di Pemuli 2024

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Rakyat India sedang mengikuti pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.  

Ada sekitar 970 juta penduduk India yang berhak memberikan suara dalam tujuh fase pencoblosan yang dimulai sejak 19 April dan berlangsung selama 6 pekan. Dengan jumlah pemilih sebanyak itu, Pemilu India menjadi pemilu terbesar di dunia.

Selasa 7 Mei kemarin, memasuki pemilu tahap ketiga yang merupakan tahap pemilu besar-besaran, ketika kursi di Gujarat negara bagian asal PM Narendra Modi dan 10 wilayah lainnya akan ditentukan.

Warga India mengaku senang dapat memberikan suaranya pada Pemilu kali.

"Ini adalah festival perayaan besar," ujar  Raman Kumar Mishra usai memberikan suaranya.

"Ini pertama kalinya saya merasa bahagia setelah memberikan suara saya. Saya bersyukur atas kehormatan yang mereka berikan pada saya," timpal warga India lainnya, Kailash Wankhede.

Pemungutan suara pada hari Selasa mencakup 93 kursi di 11 negara bagian dan teritori. Dengan Gujarat dan Maharastra di barat dan Kanataka di selatan memperoleh 50 kursi. Hal ini akan menyelesaikan pemungutan suara untuk 283 dari 543 kursi parlemen yang dipilih. 

Menteri Dalam Negeri India, Amit Shah mengimbau para pemilih di negara bagian Gujarat untuk berpartisipasi sepenuh hati dalam festival demokrasi ini.

Sementara itu, selain gencar berkampanye mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, Komisi Pemilihan Umum India juga berkonsultasi dengan pejabat cuaca dan lembaga kesehatan serta manajemen bencana untuk menangani dampak gelombang panas pada pemungutan suara. 

Setelah merampungkan proses pencoblosan, surat suara akan dihitung pada 4 Juni 2024.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])