NATO: Perang Rusia-Ukraina Bisa Bertahun-tahun

Nusantaratv.com - 07 April 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Net)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - NATO memprediksi perang antara Ukraina dengan Rusia bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyebut, indikasi itu tercium dari ambisi Presiden Rusia Vladimir Putin dalam mengendalikan seluruh negara yang sampai saat ini belum berubah.

Menurutnya, kendati Rusia sekarang memusatkan serangannya di Ukraina timur, NATO tak melihat indikasi perubahan sikap itu.

"Kami tidak melihat indikasi bahwa Presiden Putin telah mengubah ambisinya untuk mengontrol seluruh Ukraina dan juga untuk menulis ulang tatanan internasional, jadi kami perlu bersiap untuk jangka panjang. Kita harus realistis dan menyadari bahwa ini bisa berlangsung lama, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun" ujarnya, Kamis (7/4/2022).

Sementara itu, di tengah konflik Ukraina dan Rusia yang kian memanas, para menteri luar negeri negara anggota NATO bertemu pada Rabu (6/4/2022) dan Kamis (7/4/2022) guna membahas peningkatan dukungan bagi Ukraina.

Mengutip CNN, dukungan diberikan di tengah pernyataan Kiev bahwa tank dan jet tempur telah disediakan oleh Barat.

"Saya tidak akan merinci semua jenis peralatan senjata yang disediakan sekutu, tetapi saya dapat mengatakan totalitas dari apa yang dilakukan sekutu itu signifikan, dan itu mencakup beberapa sistem yang lebih berat yang dikombinasikan dengan sistem yang lebih ringan," beber Stoltenberg.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])