Napi di Lapas Tabalong-Kalsel Hanya Bisa Video Call Saat Idul Fitri 1443 H Karena Kunjungan Masih Ditiadakan

Nusantaratv.com - 01 Mei 2022

Ilustrasi Lapas/ist
Ilustrasi Lapas/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Para narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan lagi-lagi harus menahan keinginannya untuk bisa bertemu dengan keluarga pada momen Idul Fitri 1443 Hijriah. Pasalnya, pihak masih belum membuka layanan besuk atau kunjungan tatap muka.

Meski begitu, lapas yang ada di Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini, tetap memberikan kesempatan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) bersilaturahmi dengan keluarga.

Untuk itu secara khusus, Lapas Tanjung akan menyiapkan fasilitas berupa layanan video call bagi warga binaannya agar bisa berlebaran secara virtual dengan kerabat mereka.

Kepala Lapas Tanjung, Heru Yuswanto, mengatakan, Minggu (1/5/2022), semenjak adanya pandemi Covid-19 layanan kunjungan tidak ada diberlakukan dan berlanjut hingga lebaran Idul Fitri 1443 H.

"Kunjungan sampai saat ini edarannya masih tidak memperkenankan, masih diitutup kunjungannya," kata Heru.

Namun demikian, mereka sudah menyiapkan layanan video call dengan menggunakan 11 unit, baik berupa komputer maupun handphone.

Dalam pelaksanaannya akan diatur durasi tetentu bagi warga binaan yang lakukan video call dengan keluarganya di luar dan lebih dulu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Sedangkan apabila seandainya ada keluarga yang datang, terutama dari jauh dan tidak mengetahui layanan kunjungan ditiadakan akan diberi kesempatan video call saat itu.

"Kita fasilitasi untuk video call, kita siapkan peralatannya di depan," ujarnya.

Kalapas lebih lanjut menjelaskan, pada hari pertama hingga hari keempat lebaran, pihaknya tetap melayani barang titipan buat WBP dari keluarga.

Layanan dibuka mulai pukul 07.00 wita sampai dengan pukul 12.00 wita, lalu istirahat siang dan berlanjut lagi hingga sekitar pukul 17.00 wita. Pihak Lapas juga sudah berkoordinasi dengan Polres Tabalong untuk pelaksanaan pengamanan lebaran ini. (dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])