Muslim Italia Beri Zakat ke Masyarakat Ukraina

Nusantaratv.com - 15 April 2022

Korban perang Rusia-Ukraina.
Korban perang Rusia-Ukraina.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Muslim di Provinsi Pardenone, Italia, bakal mendonasikan zakat Ramadan tahun ini ke warga Ukraina terdampak perang. Ini dilakukan sebagai wujud solidaritas mereka.

Perwakilan komunitas Moroccan, Mustafa Nadif, menjelaskan upaya itu sebagai bentuk solidaritas terhadap orang-orang yang menderita.

"Solidaritas dan hati kami untuk semua orang yang menderita perang atau konflik yang terlupakan, terutama selama hari besar umat Muslim di dunia," ujar Nadif beberapa waktu lalu. 

Sementara itu, Presiden Persatuan Komunitas Islam Italia, Yassine Lafram, turut menyampaikan solidaritas untuk warga Ukraina.

"Doa-doa masyarakat Muslim tak hanya untuk Ukraina, tapi juga untuk semua perang yang terlupakan di dunia," papar Latfram setelah bertemu dengan Uskup Agung Katolik Roma Kardinal Bologna Matteo Zuppi, mengutip Arab News. 

Lafram lalu mengatakan, "Kami akan berdoa untuk warga yang meninggal, untuk orang-orang tertindas yang dirampas kebebasannya."

Zupi turut menyampaikan hal serupa. Dia menyatakan semoga hal-hal baik selama Ramadan menyertai umat Muslim.

"Semoga puasa Anda benar-benar menjadi tanda partisipasi kami dalam penderitaan saudara dan saudari kita yang dilanda perang, di Ukraina serta di banyak bagian dunia, dalam apa yang disebut 'perang yang terlupakan'," paparnya. 

Muslim di Ukraina menghadapi masa yang sulit di Ramadan kali ini, akibat invasi Rusia. Tak jarang mereka mendengar serentetan ledakan, sehingga nyawa pun terancam.

Belum lagi di wilayah tertentu yang menerapkan aturan jam malam menghambat mobilitas mereka, baik untuk buka puasa atau sahur.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])