Meski Dibatasi Israel, 50 Ribu Warga Palestina Shalat Tarawih di Masjid Al-Aqsa

Nusantaratv.com - 22 Maret 2024

Puluhan ribu warga Palestina melaksanakan ibadah shalat Tarawih pada Kamis (21/3/2024) di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur yang diduduki, meski ada pembatasan dari Israel. (Foto: Anadolu Agency)
Puluhan ribu warga Palestina melaksanakan ibadah shalat Tarawih pada Kamis (21/3/2024) di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur yang diduduki, meski ada pembatasan dari Israel. (Foto: Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Setidaknya 50.000 warga Palestina melaksanakan ibadah shalat Tarawih pada Kamis (21/3/2024) di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur yang diduduki, meski ada pembatasan dari Israel.

Shalat tarawih merupakan shalat malam khusus yang dilakukan pada bulan suci Ramadan.

Dalam pernyataan singkatnya, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Departemen Wakaf Islam di Yerusalem mengatakan hampir 50.000 jamaah mengikuti shalat Tarawih di Masjid Al-Aqsa menjelang Jumat kedua Ramadan.

Sementara itu, Kantor berita resmi Palestina, WAFA melaporkan, pasukan Israel menutup Jalan Al-Wad di Kota Tua Yerusalem, guna menghalangi akses masuk ke dalam masjid.

Masjid Al-Aqsa menjadi situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang-orang Yahudi menyebut kawasan itu sebagai Bukit Bait Suci, mengklaim jika tempat itu adalah lokasi dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel pada 1967. Israel menganeksasi seluruh kota pada 1980 dalam sebuah tindakan yang tidak pernah diakui masyarakat internasional.

Israel telah melarang umat Islam Palestina memasuki Masjid Al-Aqsa di tengah meningkatnya ketegangan di Tepi Barat yang diduduki akibat serangan tentara Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Serangan yang dilancarkan sebagai balasan atas serangan pada 7 Oktober oleh kelompok militan Palestina Hamas hingga menyebabkan hampir 32.000 orang meninggal. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])