Membanggakan! 'Siantar Man' Dilantik Taruna Akmil, Sang Ibu Diundang Jenderal Andika Perkasa Naik ke Podium 

Nusantaratv.com - 14 Mei 2022

Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) dan  Rosmery Simbolon ibu dari seorang Taruna Akmil asal Pematangsiantar/ist
Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) dan Rosmery Simbolon ibu dari seorang Taruna Akmil asal Pematangsiantar/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Selain Kota Medan, Kota Siantar juga memiliki kisah dan sejarah tersendiri di Sumatera Utara. Bukan rahasia umum lagi jika Kota Siantar disebut sebagai kota yang 'keras' karena banyaknya preman yang berkeliaran di setiap sisi kota.

Bahkan saking kerasnya kehidupan di Kota Siantar muncul istilah Siantar Man hingga 'Preman Siantar'. Istilah Siantar Man pun dijadikan sebuah lagu berjudul 'Siantar Man' yang salah satu versinya dibawakan oleh trio Lamtama. Sejatinya istilah Siantar Man berkonotasi positif yang menggambarkan sifat jantan dan tangguh orang Siantar dalam mengarungi kerasnya kehidupan.

Tak heran jika banyak Siantar Man yang sukses di Jakarta atau perantauan. Baik yang berkarir di politik, bisnis maupun militer. Boleh jadi atmosfer yang keras di Kota Siantar secara alamiah telah membentuk jiwa petarung dalam diri orang Siantar atau Siantar Man. Menumbuhkan keberanian untuk 'menaklukkan' tempat baru, hal baru dan tantangan baru. Demi masa depan dan kehidupan yang lebih baik.   

Kini, nama Kota Siantar dan istilah Siantar Man mendadak viral setelah beredar sebuah potongan video yang memperlihatkan seorang ibu dari Taruna Akmil 2017 diundang ke podium oleh Jenderal TNI Andika Perkasa.     

Video berdurasi 2.56 menit dengan judul 'Suka Cita Orang Tua Taruna Akmil Jelang Pelantikan' diunggah akun TikTok @bugnerpangaribuan. 

Terlihat Jenderal Andika Perkasa yang berdiri di podium kemudian meminta seorang ibu yang sedang duduk bersama dengan para orang tua Taruna Akmil lainnya untuk maju dan naik ke podium. 

"Ga usah lari bu ya," ujar Jenderal Andika Perkasa mengingatkan sang ibu. 

"Ibu jalan pelan-pelan ke sini," imbuhnya. 

Sang ibu yang mengenakan kebaya berwarna kuning tersebut tampak bersemangat bergegas menemui Jenderal Andika. Dia sudah siap dengan mic di tangannya.

Belum sampai ke podium dia langsung menyapa Jenderal Andika Perkasa dengan sapaan khas orang Batak.

"Horas," ujarnya sambil membungkukan badannya ke arah Jenderal Andika Perkasa.

Kemudian Jenderal Andika Perkasa meminta ibu tersebut untuk naik ke podium berdiri di sampingnya. 

"Horas Bapak," ibu itu kembali menyapa Jenderal Andika Perkasa. 

"Perkenalkan namanya bu," ujar Jenderal Andika Perkasa.

Lagi-lagi dengan penuh semangat ibu tersebut menyapa semua yang hadir sapaan khas orang Batak.

"Horas! Horas! Horas!" pekiknya sambil mengepalkan tangannya ke udara.

"Ijin Jenderal, nama saya Rosmery Simbolon asal dari Pematangsiantar," ucap sang ibu memperkenalkan dirinya.

"Anak saya Alraf Seravino Manurung Aka 55," imbuhnya.

"Panggilannya siapa anaknya bu?" tanya Jenderal Andika Perkasa.

"Bang Vino Ganteng," jawab Rosmery Simbolon. 

"Apa perasaan ibu sebentar lagi putranya dilantik?" tanya Jenderal Andika Perkasa. 

"Di sini, saya jujur Pak Jenderal, sedih, gembira, bangga, dan berkecamuk. Karena saya pribadi memasukkan anak kami ke Akmil penuh dengan cucuran air mata dan doa," tutur Rosmery Simbolon.

Rosmery Simbolon berharap sang anak mendapatkan bimbingan agar bisa menjadi kebanggaan sekaligus pejuang dalam membela nusa dan bangsa. 

"Semoga dengan bimbingan para pelatih, Danton, Danki, Bapak Gubernur, Wakil Gubernur, Ibu Gubernur dan semua ibu-ibu Persit (Kartika Chandra Kirana). Kami serahkan anak-anak kami, bimbinglah untuk menjadi pembela nusa dan bangsa," tukasnya.

Aksi Rosmery Simbolon itu menuai beragam komentar dari warganet. Mereka turut bangga atas perjuangan orang tua mengantarkan sang anak menuju gerbang kesuksesan. 

"Orang tua mana yang tidak bangga jika anaknya berhasil sampai ke Akmil, salut ibu Simbolon, mantap Pak Jendral," sebut akun @milibra03.

"Semaga anak-anakku kelak bisa seperti anak ibu, horas majua jua," tukas akun @alzibar7.  


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])