Mataram Siagakan Petugas Kesehatan Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Nusantaratv.com - 21 Desember 2023

Arsip Foto - Suasana satu puskesmas di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)
Arsip Foto - Suasana satu puskesmas di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Dinas Kesehatan Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiagakan petugas kesehatan di 11 puskesmas yang ada di wilayahnya untuk melayani masyarakat selama libur Natal 2023 sampai Tahun Baru 2024.

"Gangguan kesehatan masyarakat bisa terjadi kapan saja dan dimana saja ketika merayakan Natal dan tahun baru, karena itu tim kami harus siaga," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram Emirald Isfihan di Mataram, Kamis.

"Apabila ada laporan masyarakat terhadap kejadian yang membutuhkan tim kesehatan, kami siap turun ke lokasi," katanya.

Guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, ia menjelaskan, selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 setiap hari sedikitnya ada tiga petugas kesehatan yang disiagakan di setiap puskesmas. Tenaga kesehatan yang disiagakan terdiri atas dokter, bidan, dan perawat.

"Selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 layanan puskesmas difokuskan pada UGD, tidak di poliklinik. Jika ada yang membutuhkan tindakan medis lebih lanjut, pasien kita rujuk ke rumah sakit," kata Emirald.

Dia menyampaikan bahwa warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan mengalami kondisi darurat bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Layanan BPJS Kesehatan bisa dipakai di fasilitas kesehatan mana saja, tidak mesti terpaku dengan milik pemerintah. Inilah fungsi layanan UHC yang bisa memberikan layanan kesehatan cepat dan tepat," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])