Mantan Bos KGB Sebut Putin Licik dan Berbahaya, Bisa Nekat Gunakan Nuklir Hancurkan Ukraina

Nusantaratv.com - 19 Maret 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin/ist
Presiden Rusia Vladimir Putin/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Mantan pimpinan badan intelijen Uni Soviet (KGB) Oleg Kalugin, mengungkap karakter Presiden Rusia, Vladimir Putin. Menurutnya, Putin sosok yang licik dan berbahaya. Kalugin menilai Putin bisa nekat soal senjata nuklir.

Tujuan Kalugin mengungkap karakter Putin agar Barat menanggapi ancaman bom nuklir yang dilontarkan Putin yang juga merupakan mantan agen KGB itu secara serius.

Kalugin menuturkan ia menghabiskan beberapa dekade menjadi kepala mata-mata Rusia yang bertugas mengumpulkan informasi tentang Amerika Serikat (AS). Pada satu waktu, ia bertemu dan membimbing Putin muda bersama ratusan anggota KGB lainnya.

Ia kemudian menggambarkan kebangkitan Putin dari "bukan siapa-siapa" menjadi bawahan "penjahat perang."

Karier Putin semakin melejit. Ia naik pangkat di jajaran KGB. Kalugin ingat betul Putin pernah membuatnya terjerumus masalah.

Baca juga: Putin Janji Setop Bombardir Ukraina, Asal 4 Tuntutan Ini Dipenuhi

Kala itu, Kalugin sedang menyamar menjadi jurnalis sembari kuliah di Universitas Columbia, New York, melalui program pertukaran mahasiswa Fulbright.

Selama operasi tersebut, ia melakukan spionase dan memiliki operasi yang cukup berpengaruh sebagai koresponden Radio Moskow untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa. Namun kemudian, ia malah mengkritik KGB dan pemerintah Soviet.

Putin kemudian menuduh Kalugin menjadi mata-mata untuk AS. Tudingan itu hampir membuatnya ditangkap dan dibunuh. Beruntung akhirnya Kalugin menemukan tempat "berlindung" di AS.

"(Putin) akan mencoba melakukan semua yang dia bisa untuk tetap berkuasa dan, tentu saja, menyingkirkan semua saingan potensialnya," tandas Kalugin.

"Ia akan melakukan segalanya hanya untuk menghentikan keruntuhan sistem yang dimilikinya," imbuh Kalugin.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])