Legislator: Peran Aktif Masyarakat dibutuhkan untuk Laporkan Pungli

Nusantaratv.com - 14 Februari 2023

Anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Surabaya Josiah Michael (ANTARA/HO-DPRD Surabaya)
Anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Surabaya Josiah Michael (ANTARA/HO-DPRD Surabaya)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Legislator menilai peran aktif masyarakat di Kota Surabaya, Jawa Timur, melaporkan adanya pungutan liar (pungli) di tempat pelayanan publik lingkungan pemerintah kota setempat sangat penting.

"Karena tanpa peran aktif masyarakat, maka pemberantasan pungli di sektor layanan publik akan sia-sia," kata anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Surabaya Josiah Michael di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, pihaknya mendukung penuh langkah tegas Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam upaya memberantas pungli di sektor layanan publik lingkup Pemkot Surabaya mulai dari kantor organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan hingga kelurahan.

"Ketika masyarakat aktif berperan ikut memberantas pungli, maka wali kota wajib melindungi warga yang melaporkan praktik pungli," kata Josiah.

Josiah menjelaskan banyak masyarakat yang ingin melaporkan pungli di sektor layanan publik, namun khawatir soal keamanannya karena takut tidak dilayani ketika mengurus surat-surat.

"Untuk itu, kami minta wali kota memberikan proteksi saat ada warga yang melaporkan pungli di jajarannya. Selain itu, harus ditindak tegas jika itu terbukti," kata dia.

Josiah menambahkan Pemkot Surabaya sudah memberi ruang digital untuk warga melapor praktik pungli via aplikasi Wargaku. Tapi itu tetap bocor sehingga warga khawatir dengan laporannya.

"Jika perlu pasang banner di setiap ruang layanan publik di Surabaya, jika ada yang melakukan pungli segera laporkan di nomer sekian. Tapi pastikan kerahasiaan pelapor, jadi keamanan warga terjaga dengan baik," ujar Josiah.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengajak warga Kota Pahlawan ikut memberantas segala motif tindakan pungutan liar di lingkungan dinas, kecamatan, kelurahan dan tempat lainnya.

Dia menyampaikan kepada seluruh warga Surabaya untuk menjadi bagian dari pemberantasan pungli. Menurut dia, warga merupakan bagian dari pembangunan dan menjadikan kota ini menjadi lebih baik lagi.

Meski demikian, kata dia, bila melaporkan oknum pungli bisa disertakan bukti yang kuat, misalnya bentuk foto atau rekaman video, kemudian laporkan ke nomor telepon aduan Pemerintah Kota Surabaya di nomor WA 0811-311-57777.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])