Ledakan di Pabrik Kembang Api Thailand, Tewaskan Sedikitnya 20 Orang

Nusantaratv.com - 18 Januari 2024

Sebuah ledakan di pabrik kembang api di Thailand tengah telah menewaskan sedikitnya 20 orang pada Rabu (17/1/2024). (Istimewa)
Sebuah ledakan di pabrik kembang api di Thailand tengah telah menewaskan sedikitnya 20 orang pada Rabu (17/1/2024). (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sebuah ledakan di pabrik kembang api di Thailand tengah telah menewaskan sedikitnya 20 orang pada Rabu (17/1/2024).

Ledakan tersebut membuat tempat kejadian mengalami kerusakan parah, namun jumlah korban tewas belum bisa dipastikan. Demikian dilansir dari Associated Press, Kamis (18/1/2024).

Kantor Informasi Pemerintah Provinsi Suphan Buri awalnya mengumumkan 23 orang tewas dalam ledakan pada Rabu (17/1/2024) sore itu, namun pada malam hari merevisi angka tersebut menjadi 19 orang tewas dan tiga hilang. 

Angka awal yang dikeluarkan Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana Nasional adalah sedikitnya 20 orang tewas dalam insiden tersebut. Suphan Buri terletak sekitar 95 kilometer di barat laut Bangkok, di jantung wilayah penghasil padi di kawasan Thailand tengah.

Foto-foto yang diunggah di media sosial menunjukkan kepulan asap hitam tebal menutupi lokasi kejadian. Foto-foto lain yang diunggah petugas penyelamat setempat menunjukkan lokasi pabrik sudah rata dengan tanah.

Ledakan ini terjadi kurang dari sebulan sebelum Tahun Baru Imlek pada Februari, dimana saat itu permintaan kembang api sangat tinggi di Thailand dan negara-negara Asia lainnya. Badan Bencana Nasional mengatakan, penyebab ledakan masih diselidiki.

Kepala Kepolisan Nasional Thailand, Torsak Sukvimol, membenarkan laporan berita setempat dimana ledakan juga pernah terjadi di pabrik yang sama pada November 2022, yang menewaskan satu orang pekerja dan menyebabkan tiga orang luka berat.

Dia mengatakan polisi akan mengambil tindakan hukum atas kelalaian dalam peristiwa tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])