Lawan KKB, Panglima TNI Agus Subiyanto Pakai Strategi Ini

Nusantaratv.com - 22 November 2023

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersama Presiden Jokowi. (Antara)
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersama Presiden Jokowi. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bicara mengenai langkah mengatasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Dia mengatakan TNI bakal menggunakan smart power dalam mengatasi KKB.

"Harus smart power. Jadi smart power, menggunakan soft power, kita akan kedepankan operasi teritorial," ujar Agus Subiyanto usai upacara serah terima jabatan Panglima TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (22/11/2023).

Agus pun mengatakan pihaknya akan menggunakan senjata jika KKB melakukan kekerasan. Dia menegaskan pasukan TNI sudah terlatih untuk menggunakan hard power.

"Kemudian hard power-nya karena mereka masih kombatan, jadi kita tetap akan kita lawan dengan senjata. Tentunya pasukan kita yang sudah terlatih tadi yang saya sampaikan di awal well trained," kata Agus.

Sebelumnya, Agus telah bicara soal langkah diplomasi dengan melibatkan Forkopimda dalam misi pembebasan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB). Pihaknya akan mengedepankan operasi teritorial.

"Kita akan melibatkan Forkopimda di sana untuk komunikasi, berkomunikasi, itu saja. Makanya ke depan kita kedepankan operasi teritorial," ujar Agus.

Agus berharap langkah itu dapat membuahkan hasil. Dia berkomitmen untuk terus melakukan upaya pembebasan.

"Mudah-mudahan dengan langkah itu ada kabar lah mudah-mudahan Saudara Philip Merthens yang ada di sana. Pokoknya kita terus, kita akan terus meningkatkan operasi teritorial dalam rangka untuk menyejahterakan masyarakat di sana," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])