Kremlin: Vladimir Putin Tak Pernah Menolak Bertemu Volodymyr Zelenskyy, Tapi...

Nusantaratv.com - 15 April 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Reuters)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pada prinsipnya tidak pernah menolak mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Namun, Kremlin harus menyusun dokumen terlebih dahulu sebelum pertemuan itu diatur, kata Juru Bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov, Kamis (14/4/2022). "Tidak ada perjanjian rinci mengenai masalah ini," kata Peskov kepada wartawan di Moskow, seperti dikutip kantor berita Rusia, TASS, Jumat (15/4/2022).

"Kami telah berbicara tentang pertemuan ini di mana pada prinsipnya Presiden (Rusia) tidak pernah menolaknya. Tetapi kondisi-kondisi tertentu harus diatur sebelum pertemuan ini, yaitu teks dokumen," lanjutnya.

Pada Selasa (12/4/2022), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meyakini hanya Ankara yang mampu membantu mencapai kemajuan dalam negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina. 

Kendati demikian, pada Selasa (12/4/2022), Putin menyatakan jika Kiev mendorong negosiasi dengan Moskow ke jalan buntu lagi dengan menyimpang dari kesepakatan-kesepakatan yang telah dicapai selama putaran Istanbul.

Negosiasi antara Rusia dan Ukraina dimulai pada 28 Februari, dengan sejumlah pertemuan antara dua delegasi digelar di Belarusia. Kemudian, para negosiator tetap saling berkontak melalui konferensi video. Pada 29 Maret, negosiasi putaran baru secara langsung digelar di Istanbul, Turki.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])