KPU Sediakan TPS Khusus di Lapas Biak di Pemilu 2024

Nusantaratv.com - 14 Februari 2023

Sosialisasi Maskot Pemilu 2024 Sura dan Sulu kepada masyarakat dan petugas penyelenggara pemilu. ANTARA/Muhsidin
Sosialisasi Maskot Pemilu 2024 Sura dan Sulu kepada masyarakat dan petugas penyelenggara pemilu. ANTARA/Muhsidin

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan satu tempat pemungutan suara (TPS) khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Biak untuk penyelenggaraan Pemilu 2024.

"TPS khusus di Lapas Biak diperuntukkan warga binaan dan pegawai memberikan hak suara untuk Pemilu 2024," ujar Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Biak Agus Filma di Biak, Selasa.

Agus mengatakan penempatan TPS khusus di lapas ini penting bagi penyelenggara Pemilu 2024 sehingga hak-hak politik warga binaan Lapas Biak Numfor tidak hilang dan dapat disalurkan dengan demokratis.

Dampak lain adanya TPS khusus Lapas Biak, menurut dia, merupakan bentuk kepedulian dan kehadiran negara dalam menjamin hak semua warga binaan di Lapas Kelas II B untuk dapat berpartisipasi memberikan hak suara pemilu.

"Dengan demikian sangat penting dilakukan pendataan kependudukan bagi warga binaan oleh Dinas Dukcapil yang harus memastikan warga binaan tercatat dan masuk dalam daftar pemilih Pemilu 2024," harap Agus Filma.

KPU Biak Numfor, lanjutnya, sampai Februari 2023 telah melaksanakan tahapan Pemilu 2024.

"Sejak 12 Februari 2024, kita telah melakukan apel dan pengangkatan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024," paparnya.

Kegiatan lainnya, lanjut Agus, melakukan sosialisasi tahapan pemilu kepada berbagai elemen masyarakat di pelosok kampung dan wilayah Kepulauan Padaido, Aimando, dan Pulau Numfor, termasuk sosialisasi Maskot Pemilu 2024, yakni "Sura" dan "Sulu" disampaikan kepada masyarakat dan penyelenggara tahapan pemilu.

"KPU berharap dengan sosialisasi Maskot Pemilu 2024 dapat memberikan tahapan informasi pemilu," ujar Agus Filma.

Berdasarkan data Pemilu 2024 telah disiapkan 490 TPS untuk tempat penyaluran hak suara warga Kabupaten Biak Numfor untuk memilih keanggotaan DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])