Korea Utara Kecam Ukraina Gegara Putuskan Hubungan

Nusantaratv.com - 16 Juli 2022

Ilustrasi. Bendera Korea Utara. (Reuters)
Ilustrasi. Bendera Korea Utara. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Korea Utara (Korut) pada Jumat (15/7/2022) mengecam Ukraina karena memutuskan hubungan diplomatik antara kedua negara, setelah Pyongyang mengatakan secara resmi mengakui dua republik pro-Rusia yang memproklamirkan diri di wilayah timur negara yang dilanda perang itu.

Pada Rabu (13/7/2022), Ukraina mengatakan pihaknya memutuskan hubungan resminya dengan negara bersenjata nuklir itu sebagai tanggapan atas pengakuan Pyongyang terhadap apa yang disebut Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk.

Langkah Korut dilakukan setelah sekutu Rusia lainnya, Suriah, melakukan hal yang sama bulan lalu. "Ukraina tidak memiliki hak dan kualifikasi untuk mempermasalahkan bagaimana Korea Utara mempraktikkan hak kedaulatannya yang sah," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut di Pyongyang seperti dikutip dari kantor berita resmi KCNA, yang dilansir dari AFP, Sabtu (16/7/2022).

Juru bicara itu juga menuduh Kiev melakukan tindakan yang bertentangan dengan ketidakberpihakan dan keadilan dalam hubungan negara-ke-negara serta menyelaraskan diri dengan Amerika Serikat (AS), yang menurutnya telah mendorong kebijakan permusuhan yang tidak masuk akal dan ilegal dengan Korut.

Rusia mengakui kedua republik yang memproklamirkan diri itu tak lama sebelum meluncurkan invasi ke tetangganya yang pro-Eropa, Ukraina, pada 24 Februari.

Pada Kamis (14/7/2022) pagi waktu setempat, KCNA mengatakan Korut memutuskan untuk mengakui kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk dan menyatakan keinginan untuk mengembangkan hubungan antarnegara dengan negara-negara itu dalam gagasan kemerdekaan, perdamaian dan persahabatan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])