Kondisi Jalan Raya Bogor Sukabumi Pasca Ditutup Longsor

Nusantaratv.com - 02 April 2024

Alat berat dikerahkan untuk membuka jalur penghubung Sukabumi-Bogor .(Antara)
Alat berat dikerahkan untuk membuka jalur penghubung Sukabumi-Bogor .(Antara)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Jalan penghubung Sukabumi-Bogor sudah bisa dilalui oleh kendaraan bermotor dari dua arah. Menurut Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (PBK) Iwan Darmawan mengatakan bahwa, "Mayoritas tanah yang sempat menutup akses jalan utama penghubung Sukabumi-Bogor sudah berhasil dievakuasi. Sehingga saat ini petugas gabungan masih membersihkan sisa tanah yang menutupi jalan raya."

Pembersihan dilakukan di Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, dengan melibatkan TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, serta sejumlah unsur lainnya.

Bencana tanah longsor ini dipicu oleh hujan deras yang turun sejak siang hingga sore hari. Akibatnya, tanah menjadi labil dan mengakibatkan longsor.

Kapolsek Parungkuda, Kompol Aah Hermawan, menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi untuk mengatur arus lalu lintas baik yang keluar dari arah Sukabumi maupun yang masuk dari arah Bogor.

Awalnya, bencana tanah longsor tersebut menyebabkan arus lalu lintas tertutup total karena seluruh bagian jalan penghubung Sukabumi-Bogor tertutup tanah. Namun, setelah beberapa jam evakuasi dengan melibatkan dua unit kendaraan berat, pada pukul 22.00 WIB, jalan sudah kembali dapat dilalui.

Meskipun demikian, pihak berwenang mengimbau kepada pengendara yang melintas jalan tersebut untuk tetap berhati-hati karena jalanan masih licin akibat dampak dari bencana tanah longsor.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])