Ketua KPU Izin Tinggalkan Sidang, Hakim MK: Balik ke Sini Sudah Bubar!

Nusantaratv.com - 02 Mei 2024

Ketua KPU Hasyim Asy'ari. (Antara)
Ketua KPU Hasyim Asy'ari. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ketua KPU Hasyim Asy'ari meminta izin kepada Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang juga ketua panel sidang, Suhartoyo untuk meninggalkan ruang sidang sementara. Suhartoyo lalu menyindir Hasyim. 

Hasyim mulanya menginterupsi sidang untuk meminta izin kepada majelis hakim.

"Izin majelis, Termohon. Saya mohon izin, prinsipal, jam 14.00 nanti kami meninggalkan forum, karena ada acara penyerahan data penduduk pemilih untuk pilkada. Setelah acara saya kembali ke forum," ujar Hasyim di Gedung MK, Jakarta, Kamis (2/5/2024). 

Suhartoyo lalu bertanya apakah ada yang akan menggantikan Hasyim sebagai perwakilan KPU di persidangan. Hasyim menyampaikan jajaran komisioner KPU ada beberapa agenda.

"Siapa yang menggantikan Bapak?" tanya Suhartoyo.

"Hari ini kami ada beberapa agenda, di antaranya ada uji kelayakan dan kepatutan seleksi KPU provinsi. Jadi kami berbagi," jawab Hasyim.

"Jam berapa Pak?" tanya Suhartoyo lagi. 

"Jam 14.00. Setelah itu saya kembali ke sini," ucap Hasyim.

"Nanti balik ke sini malam sudah bubar," kata Suhartoyo.

"Sebentar saja majelis," kata Hasyim.

Suhartoyo pun mengungkit absennya komisioner KPU di sidang MK pada panel lain. Dia menekankan pentingnya kehadiran KPU sebagai Termohon.

"Ya tadi di panel lain juga diingatkan. Karena Bapak kalau tidak ada yang dari komisioner yang hadir kan nanti yang koordinir juga, kalau dari teman-teman advokat yang hanya secara parsial yang bertanggung jawab nomor masing-masing kan yang mengikat nggak ada nanti. Silakan Pak, tapi nanti kembali lagi ya Pak," papar Suhartoyo.

"Terima kasih majelis, nanti kembali. Kami bagi di dalam panel," kata Hasyim.

​​​​​​

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close