Kepala Desa di Manggarai Timur Diharapkan Bangkitkan Lagi BUMDes

Nusantaratv.com - 28 Februari 2022

Ilustrasi BUMDes. Foto (istimewa)
Ilustrasi BUMDes. Foto (istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Manggarai Timur, Gaspar Nanggar meminta seluruh kepala desa membangkitkan BUMDes di desanya.

Menurutnya, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah solusi utama agar desa bisa mandiri dan berkembang. Dengan dibangkitkannya BUMDes maka desa bisa memiliki potensi Pendapatan Asli Desa (PAD) yang bisa memacu peningkatan pembangunan di desa.

“Saya harap semua Kades harus bisa membangkitkan BUMDesnya agar ada potensi PAD yang menuju pada kemandirian desa,” kata Gaspar pada Senin (28/2/2022).

Ia menjelaskan, solusi utama kemandirian desa adalah kebangkitan BUMDes. Saat ini, BUMDes di setiap Desa yang berada di Kabupaten Manggarai Timur berjumlah 73 BUMDes. Untuk itu, dirinya meminta pemerintah desa wajib membangkitkan BUMDes di desa masing-masing.

“Pemerintah Desa harus bisa mengalokasikan anggarannya tiap tahun ke BUMDes. Pengurus BUMDes harus mampu mengelola keuangan dan usahanya dengan baik agar ada PAD yang dihasilkan untuk desa. Jangan sampai anggaran yang masuk ke BUMDes tidak dikelola dengan baik dan justru hanya disilpakan tiap tahunnnya,” jelasnya.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])